Home Mobil Tips Membersihkan Mesin Mobil Dengan Efektif

Tips Membersihkan Mesin Mobil Dengan Efektif

2735
0

OTONITY.com – Cara Bersihkan Ruang Mesin Mobil. Kebanyakan orang hanya akan merawat bagian eksterior maupun interior pada mobilnya, namun ternyata ada satu bagian yang paling penting dan biasanya luput dari perhatian banyak orang yaitu ruang mesin. padahal di sektor ini sangat rawan terjadi masalah akibat beberapa bagian mungkin terkena air saat dicuci.

Jika bagian ini jarang mendapatkan perhatian maka akibatnya bisa sangat fatal sehingga mengganggu kenyamanan pengendara, selain air ternyata debu juga bisa menjadi faktor lain yang mengakibatkan mesin rusak. Contohnya saja debu yang menempel dibagian blok silinder maka akan terjadi penumpukan sehingga ketika oli merembes maka tidak akan terdeteksi karena tersumbat oleh kotoran tersebut.

Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Kalau ruang mesin pada mobil sering dilakukan pengecekan maka banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan karena selain menjadi bersih jika ada komponen yang rusak pun kiat juga bisa mengetahuinya. Membersihkan ruang mesin tidak harus dibawa ke bengkel, sebab anda pun juga bisa membersihkannya sendiri hanya dengan 1 jam saja. Berikut langkah-langkah membersihkan ruang mesin mobil yang efektif :

  1. Siapkan beberapa bahan seperti detergen pencuci piring, sikat gigi, kuas, lap bersih dan lap chamois serta minyak tanah yang nantinya digunakan untuk membersihkan kerak membandel pada aluminium atau besi.
  2. Siram karter mesin dan juga bawah blok silinder dengan air, lalu bersihkan dengan sikat gigi yang dan kuas pada bagian sulit dihilangkan. Setelah itu siram dengan detergen berulang kali sambil digosok dengan sikat gigi berulang kali hingga bersih, lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa cek bagian oli apakah ada yang bocor atau tidak.
  3. Sementara itu dibagian yang berbahan plastik cukup bersihkan dengan detergen dan lap chamois lalu bilas sampai bersih dan keringkan menggunakan lap bersih.
  4. Sedangkan untuk membersihkan bagian pendingin AC dan mesin harus pelan-pelan supaya kisi-kisi pada konsedor tidak rusak, jika ada debu yang menempel cukup singkirkan dengan sikat gigi secara perlahan.
  5. Jangan lupa bersihkan juga bagian karet-karet seperti filter udara dan dibagian radiator menggunakan detergen hingga bersih dan keringkan ditempat yang teduh. Sambil menunggu karet tersebut kering periksa juga bagian klem pengikatnya apakah kendor atau sudah berkarat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here