Home Motor Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Hitam

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Hitam

1839
0

OTONITY.com – Asap Motor Berwarna Hitam. Mesin merupakan komponen yang paling penting dan vital bagi sepeda motor, jika kendaraan kita dalam kondisi mesin bagus pasti merasa nyaman saat digunakan meskipun sedang menempuh perjalanan yang jauh. Namun apabila mesin mengalami masalah hingga mengeluarkan asap pekat dari knalpot tentu saja ada yang salah pada mesin motor kita.

Seperti halnya manusia bahwa mesin motor pun juga harus dilakukan pemeriksaan secara rutin supaya tidak terjadi hal yang lebih parah lagi jika terus dibiarkan. Keluarnya asap hitam pekat menjadi pertanda bahwa mesin anda sedang dalam keadaan yang mengkhawatirkan.

Berikut beberapa penyebab timbulnya asap hitam pada kendaraan bermotor :

  • Kemungkinan besar bagian filter udara sudah sangat kotor sehingga aliran udara menjadi tersumbat, jadi yang harus anda lakukan adalah ganti filter tersebut dengan yang baru.
  • penyebab lainnya adalah pengaturan langsam yang tidak pas atau setelan udara terlalu kecil sehingga udara yang masuk menjadi berkurang. Untuk mengatasinya silahkan setel kembali setelan udara di karburator hingga langsam menjadi pas dan angin bisa keluar masuk dengan normal.
  • Yang berikutnya mungkin saja lubang main jet atau biasa disebut dengan spuyer sudah mulai aus sehingga bahan bakar menjadi tidak maksimal, anda hanya perlu mengganti spuyer yang baru dan pastikan memasang dengan benar.
  • Mungkin sebagian orang menganggap busi adalah hal yang sepele, namun ternyata kondisi busi yang sudah jelek bisa mengakibatkan pembakaran diruang bakar menjadi tidak sempurna. Untuk itulah periksa kondisi busi anda dan jika sudah mulai jelek ganti dengan yang baru.
  • Yang terakhir ini memang sulit sekali terdeteksi yaitu ruang bahan bakar atau tangki sudah mulai berkarat dan menimbulkan kerak dibagian dalam sehingga aliran BBM menjadi tersendat. Anda bisa membongkar head cylinder tangki tersebut dan bersihkan bagian yang berkerak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here