Home Motor Motor Matik Tips Merawat Motor Matik Lebih Irit Bensin, Perhatikan Transmisi

Tips Merawat Motor Matik Lebih Irit Bensin, Perhatikan Transmisi

1365
0

OTONITY.com – Cara Agar Motor Matik Irit Bensin. Seperti yang kita ketahui bahwa motor matik tidak memiliki perseneling sama sekali sehingga konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan sulit untuk dikendalikan dan cenderung lebih boros meskipun sudah memakai teknologi injeksi. Berbeda dengan motor bebek yang memiliki perseneling sehingga sangat mudah untuk mengatur laju RPM, dengan begitu bahan bakar yang dikeluarkan bisa sedikit diatur.

Apalagi jumlah gear pada motor matik juga lebih banyak dibandingkan motor bebek, namun sebenarnya ada beberapa tips untuk mengurangi konsumsi bahan bakar supaya lebih hemat tanpa bantuan benda apapun atau mencampur bahan bakar.

Motor Matik Supaya Lebih Irit BBM

Bersihkan Karburator

Yang perlu anda lakukan adalah bersihkan karburator secara rutin karena bagian ini merupakan komponen paling penting pada sepeda motor. Jika karburator dalam kondisi bersih maka aliran udara pun juga lebih lancar sehingga motor matik menjadi lebih ringan tarikannya.

Baca juga: Penyebab Motor Matik Menjadi Boros Bensin

Kendarai Dengan Tarikan Gas Stabil

Cara yang kedua adalah kendarai motor matik anda dengan kecepatan stabil, maksudnya jika anda menarik gas dengan cara kebut dan rem maka bisa dipastikan bensin yang dibutuhkan juga lebih banyak. Sedangkan ketika anda gunakan dengan cara stabil maka bensinnya pun juga dapat keluar dengan lebih teratur.

Gunakan Oli Yang Sesuai

Dan cara terakhir yang harus anda lakukan adalah gunakan oli motor sesuai dengan mesin skuter anda. Jika anda menggunakan oli yang tidak cocok maka pergesekan mesin pun lebih tinggi sehingga mesin cepat panas dan tarikan menjadi lebih berat. Disarankan gunakan oli yang sama dengan merk motor matik anda.

Cek Transmisi

Periksa komponen transmisi karena merupakan bagian yang memiliki kerja berat ketika motor digunakan. Sehingga kondisinya harus dipastikan dalam kondisi baik, dan jangan lupa ganti oli transmisi berkala dan tepat waktu.

Oli Dan Aki

Jangan pernah melewatkan jadwal ganti oli motor karena motor matik yang sudah menggunakan teknologi injeksi akan terganggu kinerjanya. Kinerja pengapian motor injeksi juga bergantung pada aki, jadi pastikan kondisi aki dalam kondisi baik sehingga dapat menyalurkan kelistrikan motor yang stabil.

Servis Berkala

Yang terakhir, lakukan servis berkala secara rutin pada motor matik Anda agar komponen-komponen mesin selalu dalam kondisi prima.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here