Home Motor Cara Memanaskan Mesin Motor Yang Baik Dan Benar

Cara Memanaskan Mesin Motor Yang Baik Dan Benar

1624
0

OTONITY.com – Cips Memanaskan Mesin Motor. Meskipun kedengarannya sangat sepele namun ternyata banyak masyarakat yang belum tahu tata cara memanaskan mesin motor mereka dengan cara yang benar. Memanaskan mesin motor memang sangat penting supaya berbagai komponen tidak cepat rusak, seperti halnya otot manusia sebelum digunakan untuk berolahraga juga harus melakukan pemanasan terlebih dulu supaya tidak mengalami cedera.

Jika anda sembarangan dan tidak dengan cara yang tepat dalam memanaskan sepeda motor bisa-bisa sangat berakibat fatal apabila terus anda lakukan setiap hari. Berikut beberapa tips memanaskan mesin motor yang benar :

  • Yang pertama sebelum anda menyalakan motor sebaiknya anda menyela menggunakan kick starter beberapa kali dalam keadaan kunci off, hal itu bertujuan untuk memompa oli masuk kebagian silinder head sehingga beberapa komponen didalamnya terkena oli secara menyeluruh.
  • Setelah anda menyalakan mesin jangan digeber-geber dengan keras, cukup pelan-pelan saja karena selama proses pemanasan pelumas mulai mengalir kebagian mesin. Jadi jika pelumas tersebut belum masuk kebagian mesin namun sudah anda geber dengan keras maka akan mengakibatkan beberapa komponen cepat aus.
  • Yang berikutnya jalankan motor dengan pelan terlebih dulu dan beberapa saat kemudian baru bisa anda pacu dengan kecepatan cukup tinggi. Hal itu bertujuan supaya selain membuat mesin lebih awet juga membuat tarikan lebih ringan dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here