Home Mobil Cara Merawat Aki Basah Pada Mobil Supaya Lebih Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Aki Basah Pada Mobil Supaya Lebih Awet Dan Tahan Lama

1331
0

OTONITY.com – Cara Membuat Aki Mobil Lebih Awet. Masalah utama bagi pemilik mobil adalah aki yang sering tekor sehingga mengakibatkan kendaraan mogok saat digunakan. Memang banyak sekali faktor yang menyebabkan aki tersebut menjadi tekor terutama pada aki basah, namun ada baiknya anda merawat dengan baik aki anda supaya lebih awet dan tahan lama.

Berikut beberapa tips merawat aki basah pada mobil dan menjaga sistem kelistrikan aki :

  • Langkah pertama jaga ketinggian aki mobil¬†supaya tidak berkurang melewati batas minimal. Lakukan pengecekan setiap dua bulan sekali agar mengurangi resiko kerusakan pada beberapa komponen yang terdapat di dalam aki tersebut.
  • Bersihkan terminal aki secara teratur dan pastikan pula tidak ada serbuk putih hasil oksidasi kimia. Jika ada oksidasi tersebut segera bersihkan dengan cara menyiram menggunakan air panas lalu gosok memakai sikat gigi.
  • Selain itu periksa pula bagian dinamo starter dan alternator aki secara berkala dan pastikan kondisi aki masih baik.
  • Hindari pemakaian secara berlebihan saat menggunakan audio, GPS dan TV. Biasanya aki standar tidak kuat menjalankan berbagai fasilitas dalam daya yang besar.
  • Untuk mencegah menempelnya berbagai kotoran maupun air sebaiknya tutup aki anda menggunakan bahan aluminium foil yang tahan panas. Selain melindungi dari kotoran ternyata benda tersebut juga bisa mencegah menurunnya umur aki akibat mesin yang panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here