Home Motor Tips Aman Berkendara Motor Saat Cuaca Panas

Tips Aman Berkendara Motor Saat Cuaca Panas

1160
0

OTONITY.com – Tips Berkendara Sepeda Motor Di Siang Hari. Musim kemarau identik dengan cuaca panas dan angin yang cukup kencang sehingga berbahaya bagi pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor karena tersengat matahari secara langsung. Meskipun berbahaya tetap saja banyak masyarakat yang terpaksa keluar di siang hari dengan alasan berbagai kepentingan.

Sayangnya belum banyak pengendara motor yang mengetahui apa saja langkah-langkah supaya aman saat berkendara di siang hari. Padahal hal tersebut penting untuk diketahui supaya aman dalam menempuh perjalanan.

Berikut tips-tips berkendara supaya aman saat cuaca panas :

  • Yang pertama adalah selalu gunakan helm meskipun jarak yang anda tempuh cukup dekat, selain berguna mencegah benturan helm juga berfungsi untuk melindungi sengatan matahari dan terpaan angin kebagian wajah.
  • Jangan lupa gunakan pula masker penutup supaya kotoran maupun debu tidak masuk ke dalam mulut maupun alat pernapasan.
  • Yang tidak kalah penting adalah gunakan sarung tangan supaya telapak tangan anda tidak berkeringat karena cuaca yang panas. Jika tidak menggunakan sarung tangan maka keringat akan mengganggu anda ketika berkendara dan bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan karena setang setir menjadi licin.
  • Jika angin mulai berhembus semakin kencang ada baiknya berhenti terlebih dulu sampai cukup reda. Angin yang kencang bisa membuat motor anda menjadi semakin tidak stabil dan berbahaya bagi orang lain.
  • Dan yang paling penting adalah selalu periksa motor anda sebelum bepergian, jangan lupa periksa juga kondisi tekanan udara pada ban dan sistem pengereman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here