Home Mobil Frekuensi Mengganti Oli Mobil Yang Tepat Dan Benar

Frekuensi Mengganti Oli Mobil Yang Tepat Dan Benar

5348
0

OTONITY.com – Tips Menentukan Waktu Tepat Mengganti Oli Mobil. Oli merupakan bahan pelumas yang sangat penting bagi berbagai piranti mesin pada kendaraan karena tanpa adanya oli maka mesin di dalam kendaraan menjadi kering sehingga dapat dipastikan akan membuat mobil maupun motor kesayangan anda menjadi cepat rusak.

Hal sepele seperti jarang mengganti maupun mengecek kondisi oli ternyata bisa berakibat fatal bagi pemilik kendaraan, jadi alangkah baiknya selalu periksa kondisi oli anda apakah masih bagus atau sudah berwarna hitam pekat. Khusus pemilik mobil bekas maupun baru seharusnya sering-sering melakukan pengecekan karena jika terjadi kerusakan akibat hal sepele biaya memperbaikinya jauh lebih mahal dibandingkan dengan sepeda motor.

Waktu Mengganti Oli Mobil Yang Benar

Ternyata ada beberapa pemilik mobil yang masih bingung kapan waktu pasti mengganti oli, namun sebenarnya mengganti oli tergantung berapa lama mesin anda sering nyala dan bukan seperti anggapan banyak orang bahwa tergantung kilometer jarak tempuh.

Perlu anda sadari bahwa mesin yang dihidupkan berarti mulai itu juga oli mulai bekerja, meskipun mobil anda jarang digunakan dan hanya dipanaskan setiap hari tetap saja olinya harus diganti. Misalnya anda menempuh perjalanan jauh hanya membutuhkan waktu 1 jam sedangkan ketika anda pergi ke tempat lain dengan jarak lebih dekat namun memakan waktu mencapai 2 jam karena terjebak macet maka mobil yang menyalakan mobil paling lama tersebutlah yang harus segera diganti olinya.

Jadi bukan patokan berapa kilometer jarak yang telah anda tempuh tapi berapa lama mesin anda dinyalakan, waktu yang tepat untuk mengganti oli adalah jika mobil anda jarang digunakan maka cukup diganti ketika di angka 5.000 km sedangkan mobil yang sering digunakan dan sering terkena macet maka harus ganti oli maksimal setiap 4.000 km.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here