Home Motor Tips Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama

1459
0

OTONITY.com – Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Tidak Cepat Putus. Selain bocor ban dan kehabisan bensin di jalan kejadian yang paling menyebalkan saat perjalanan adalah putusnya rantai motor karena untuk memasangnya kembali juga memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itulah sebelum hal tersebut terjadi pada anda maka sebaiknya lakukan perawatan agar rantai tetap awet dan dalam kondisi yang baik.

Namun sayang ternyata banyak orang menganggap sepele hal tersebut dan biasanya baru sadar setelah mengalami kejadian, padahal untuk merawat rantai motor tidaklah susah dan bahkan bisa dilakukan ketika ada waktu luang.

Berikut tips-tips merawat rantai motor supaya awet dan tidak cepat putus :

  • Setiap seminggu sekali lumasi rantai anda dengan pelumas khusus rantai atau bisa juga menggunakan oli, namun jika kendaraan anda sering terkena air hujan maka sebaiknya berikan sering-sering memberikan pelumas.
  • Cara memberikan pelumas pada rantai juga sangat gampang yakni tuangkan dibagian pin rantai karena dengan begitu akan langsung berinteraksi sama gir, jika anda memberikannya pada permukaan rantai maka cara tersebut adalah salah.
  • Selalu periksa rantai apakah dalam keadaan kendur atau sudah pas, jika kendur segera setel ketegangan rantai dengan batas jarak ketegangan sekitar 3 cm karena apabila rantai terlalu tegang maka akan cepat putus dan apabila terlalu kendur rantai tersebut bakal menimbulkan suara.
  • Tips mengatur ketegangan rantai relatif gampang yakni kendurkan as roda lalu atur rantai hingga pas dan usahakan sesuai dengan indikator yang biasanya terdapat di penopang as setelah itu kencangkan kembali mur pada as roda jika sudah sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here