Home Motor Penyebab Ban Motor Sering Bocor Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ban Motor Sering Bocor Dan Cara Mengatasinya

2471
0

OTONITY.com – Tips Mengatasi Ban Sering Bocor. Kejadian yang paling sering dihadapi oleh para riders adalah ketika ban bocor saat perjalanan, tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dan juga membuang-buang waktu pengendara motor. Biasanya bocor pada ban disebabkan karena terkena paku atau bisa juga karena bergesekan dengan velg.

Jika bocor tersebut karena terkena paku tentu bisa terdeteksi dan cukup di tembel saja, namun kalau ban dalam bocor karena bergesekan dengan velg maka sulit sekali diketahui karena letaknya di dalam. Cara yang paling mudah mengatasi seringnya bocor pada ban dalam adalah dengan mengganti ban luar atau bisa juga memakai ban jenis tubeles.

Tips Mengatasi Ban Motor Yang Sering Bocor

Namun kalau ban luar sudah diganti dengan yang baru tapi tetap mengalami kebocoran maka solusinya adalah dengan memberikan potongan ban ke dalam velg supaya gesekan yang terjadi bisa di minimalisir.

Langkah tepat lainnya yaitu selalu periksa kondisi ban luar anda apakah masih layak digunakan atau sudah gundul (tidak ada batik sama sekali). Jika kondisi ban luar anda sudah buruk maka sebaiknya ganti dengan yang baru karena selain rawan mengalami kebocoran ternyata sangat berbahaya ketika melakukan pengereman sebab roda tidak terlalu menggigit pada aspal.

Untuk memperpanjang umur ban motor dan mengurangi resiko kebocoran hindari medan terjal maupun tidak rata, jika terpaksa melewatinya maka langkah yang tepat adalah pacu kendaraan anda dengan pelan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here