Home Motor Tips Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor

Tips Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor

1527
0

OTONITY.com – Cara Memperpanjang STNK Tahunan Dan Lima Tahun. Meskipun saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang mempunyai kendaraan sepeda motor namun ternyata tidak semua orang mengetahui bagaimana cara-cara membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Kepolisian. Sebenarnya cara dan persayaratan yang diberikan cukup mudah serta hanya membutuhkan waktu dan kesabaran saja saat mengantri. Meskipun demikian ada juga sebagian orang memilih jalan pintas yaitu melalui calo yang tentu saja bakal dikenakan biaya ekstra.

Berikut kami berikan tips dan langkah-langkah dalam memperpajang Pajak Kendaraan Bermotor sesuai yang disampaikan oleh KORLANTAS POLRI :

  • Usahakan datang lebih awal agar tidak mengantri terlalu lama, jangan lupa persiapkan berbagai perlengkapan seperti STNK asli + foto kopi, foto kopi BPKB, KTP Asli dan fotokopi sesuai nama di BPKB dan STNK (untuk perpanjangan pajak STNK tahunan)
  • Jika anda ingin mengurus perpanjangan pajak lima tahunan maka persyaratan yang dipersiapkan juga sama, hanya saja anda harus melakukan cek fisik kendaraan yang biasanya telah disediakan di Samsat.
  • Kemudian lengkapi berkas dan serahkan berkas permohonan perpanjangan pajak STNK tersebut ke loket penyerahan berkas
  • Tunggu saja hingga nama anda dipanggil, biasanya waktu menunggu untuk memperpanjang pajak STNK lima tahunan jauh lebih lama hingga 1 jam lebih dibandingkan dengan tahunan.
  • jika sudah dipanggil anda akan diberikan slip pembayaran pajak dan harus dibayar saat itu juga.
  • Setelah itu anda akan menerima bukti pelunasan pembayaran pajak yang kemudian akan diserahkan ke loket pengambilan STNK.
  • Tunggu hingga nama anda dipanggil kembali dan proses pembayaran pajak tahunan anda telah selesai.
  • Khusus untuk proses perpanjangan lima tahunan setelah menerima bukti pembayaran pajak, silahkan menuju loket pengambilan TNKB guna mengambil plat yang baru.

Saat ini untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kantor Samsat terdekat biasanya menghadirkan samsat keliling namun khusus untuk perpanjangan pajak tahunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here