Home Motor Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri

1196
0

OTONITY.com – Tips Mengganti Oli Sepeda Motor Dengan Baik dan Benar. Salah satu pendukung performa motor adalah kualitas oli, jika oli masih dalam keadaan bagus tentu saja motor terasa ringan dan tidak akan terkendala berbagai masalah, namun oli motor juga mempunyai masa sendiri dimana jika sudah melewati kualitasnya harus segera diganti dengan yang baru.

kebanyakan orang memilih mengganti oli dengan pergi ke bengkel karena berbagai alasan seperti malas kotor, tidak ada waktu atau karena berbagai keperluan lainnya. Padahal cara mengganti sendiri sangatlah mudah dan tentu saja tidak harus mengeluarkan biaya tambahan.

Berikut beberapa tips cara mengganti oli sendiri :

  • Persiapkan berbagai peralatan seperti tang atau kunci untuk membuka tutup bawah oli, kain, corong dan wadah penampung oli kotor. Persiapkan pula oli baru agar prosesnya lebih cepat.
  • Jika sudah silahkan taruh tempat penampung di bawah mesin dan buka penutup oli yang berada di bawah.
  • Setelah terbuka biarkan oli kotor tersebut keluar hingga tidak tersisa, sambil menunggu oli habis bersihkan penutup oli menggunakan kain lap.
  • kalau oli sudah habis tutup kembali bagian bawah, kemudian ganti buka penutup atas menggunakan tang dan masukkan corong kelubang lalu tuangkan oli baru secara perlahan, jangan lupa sebelum memasukkan oli baru kocok terlebih dulu agar oli tidak mengental.
  • Langkah terakhir yaitu tutup kembali bagian atas menggunakan tang dan pastikan tertutup dengan rapat, lebih baik biarkan terlebih dulu mesin motor tersebut dan baru dinyalakan setelah lima menit kemudian.
  • Biasanya ketika pertama kali dinyalakan akan mengeluarkan asap tebal, namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here