Home Mobil Tips Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan

Tips Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan

1710
0

OTONITY.com – Tips Berkendara Mobil Ketika Hujan Turun. Sepertinya tidak lama lagi musim kemarau bakal segera berakhir, bahkan beberapa wilayah di Indonesia telah turun hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Berkendara khususnya mobil ketika hujan turun sebenarnya tidak kalah beresikonya dibandingkan saat panas, apalagi ketika hujan turun pandangan pengemudi juga semakin tidak jelas sehingga sering sekali mengaikbatkan kecelakaan.

Ditambah lagi jalanan yang licin membuat para pengendara harus ekstra hati-hati dan harus selalu dalam kondisi siap. Ada beberapa tips agar anda tetap aman saat berkendara pada saat musim hujan, misalnya saja ketika turun hujan tentu pandangan anda sangat terbatas dan untuk itulah disarankan supaya menjaga jarak dengan kendaraan lain. hal tersebut dimaksudkan supaya ketika keadaan mendadak anda masih punya waktu untuk melakukan pengereman.

Tips Berkendara Mobil Saat Hujan turun

Tips kedua yaitu turunkan kecepatan anda saat mengemudi, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa dengan kondisi jalan yang licin maka daya cengkram roda anda menjadi berkurang sehingga sangat sulit dikendalikan ketika memasuki tikungan atau melakukan pengereman mendadak.

Yang tidak kalah pentingnya ketika kondisi jalan tergenang yaitu hadirnya siraman air dari samping akibat bersimpangan dengan pengendara mobil lain, biasanya ketika ada air siraman maka pandangan semakin terhalangi dan terkadang membuat panik pengendaranya. Saat ada kejadian seperti ini usahakan selalu tenang dan jangan melakukan pengereman mendadak sebab bisa membahayakan diri sendiri dan orang yang berada di belakang.

Dan yang terakhir yaitu ketika hujan nyalakan lampu utama agar mobil di depan bisa melihat anda, selain itu dengan adanya cahaya dari lampu ini bisa membantu pandangan sehingga mengurangi resiko kecelakaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here