Home Motor Tips Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Cuaca

Tips Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Cuaca

1730
0

OTONITY.com – Cara Menentukan Ban Motor Menurut Cuaca. Bagi anda pecinta MotoGP pasti pernah melihat pebalap yang berganti motor ketika cuaca sedang berubah seperti dari semula kering lalu tiba-tiba turun hujan, sebenarnya yang dilakukan para pebalap tersebut bukan mengganti motornya namun lebih fokus ke pergantian ban agar menyesuaikan dengan kondisi lintasan balap.

Sama halnya dengan di dunia nyata bahwa tipe ban juga sangat berpengaruh bagi kenyamanan pengendara khususnya sepeda motor, umumnya tipe ban sendiri ada tiga macam yakni ban basah, ban kering dan ban perpaduan keduanya.

Tips Memilih Ban Motor Sesuai Cuaca

Untuk ban basah memang jenis ini khusus digunakan pada daerah yang sering terdapat genangan air atau sering turun hujan, biasanya ban basah mempunyai alur atau batik yang sangat banyak agar cengkraman ban pada medan aspal maupun tanah basah bisa semakin kuat.

Sedangkan untuk ban kering yakni sesuai namanya bahwa ban ini dipakai pada kondisi atau cuaca kering saja seperti pada daerah Afrika, ban jenis ini tidak mempunyai banyak alur seperti ban basah namun ketika anda gunakan pada medan yang ada airnya maka dapat dipastikan motor akan terjatuh.

Dan yang terakhir yaitu ban jenis perpaduan antara basah dan kering, tipe inilah yang saat ini banyak beredar di Indonesia karena iklim tropis sehingga sangat cocok memakai ban tersebut. Ban perpaduan tersebut tentu saja tidak seperti tipe kering yang sedikit alur namun juga tidak seperti ban basah dengan banyak alurnya. Bisa dikatakan jenis ban bisa anda lihat pada spesifikasinya apakah bertuliskan tipe Wet, Dry atau Wet Dry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here