Home Mobil Perbedaan Mobil Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Perbedaan Mobil Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

1710
0

OTONITY.com – Perbandingan Mobil Mesin Bensin Dan Diesel. Saat ini rata-rata mobil di Indonesia menggunakan mesin diesel dan juga mesin bensin, kedua mesin tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Seperti yang dijelaskan oleh Riner Tandiyono selaku Training Center Hear Isuzu Astra Motor Indonesia.

Menurutnya dalam masalah pembakaran dapur pacu milik mesin diesel mengunakan Sabathe dengan perbandingan 16-23:1 sedangkan untuk mesin bensin memakai otto yang mempunyai perbandingan 8-12:1. Perbedaan lainnya yaitu untuk mesin bensin harus dioperasikan memakai busi sedangkan untuk mesin diesel bisa terbakar sendiri.

Beberapa keunggulan untuk mobil mesin diesel yaitu lebih efisien serta jarang sekali bermasalah sehingga perawatannya pun juga lebih mudah. Selain itu mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika terkena percikan api.

Namun kelemahan utama pada mobil mesin diesel yaitu suara mesin lebih kasar bahkan terdengar hingga ruang kabin sehingga mengurangi kenyamanan, pajak yang diberikan pun juga relatif lebih tinggi serta tingkat pencemaran udara lebih besar.

Sementara itu untuk mesin bensin mempunyai kelebihan tersendiri misalnya saja mesin lebih halus dan responsif, tingkat pencemaran udara lebih rendah serta di tanah air jumlah mobil tipe ini banyak dijumpai sehingga lebih mudah jika ingin membeli yang bekas sekalipun.

Sedangkan untuk kelemahan dari mesin bensin yaitu bahan bakar mudah terbakar jika tersulut api, lalu spesifikasi komponen lebih rumit dan lebih rentan rusak jika terkena air karena mobil ini mempunyai sistem kelistrikan rawan rusak seperti bagian busi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here