Home Mobil Cara Mengganti Sendiri Ban Mobil Yang Bocor Di Jalan

Cara Mengganti Sendiri Ban Mobil Yang Bocor Di Jalan

2174
0

OTONITY.com – Tips Melepas dan Memasang Roda Mobil Dengan Mudah. Masalah yang cukup mengganggu ketika menempuh perjalanan menggunakan adalah ban bocor atau kempes, ciri-cirinya adalah saat berada di dalam terasa bergoyang atau mobil menjadi sedikit miring. Memang banyak orang beranggapan kalau hanya dengan membawanya ke bengkel pasti tidak sampai satu jam pasti sudah beres, namun masalah tersebut menjadi besar ketika anda mengalaminya jauh dari keramaian sehingga terpaksa menggantinya sendiri.

Untuk itulah sebelum berangkat bepergian selalu persiapkan berbagai peralatan seperti dongkrak dan juga ban serep dan kunci untuk membuka ban, berikut beberapa tips mengganti ban mobil  sendiri dengan mudah :

1. Parkir di tempat teduh dan menepi

Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu pengguna jala lain serta menghindari terjadinya kecelakaan, selain itu dengan menepi ke tempat teduh membuat anda merasa tenang saat proses mengganti ban

2. kendurkan baut roda

Caranya pasang kunci roda ke baut lalu putar ke arah kiri dengan sekuat tenaga, cukup dikendurkan saja dan tidak perlu baut tersebut dilepas. Lakukan hingga seluruh baut benar-benar kendur.

3. Pasang Dongkrak

Jika sudah pasangkan dongkrak di bawah rangka mobil dekat dengan posisi ban yang diganti, pompa dongkrak tersebut hingga ketinggiannya pas serta ban tidak menyentuh tanah lagi.

4. Lepaskan Roda

Setelah dongkrak terangkat baru lepas semua baut yang terdapat di velg dan tarik roda hingga terlepas.

5. pasang roda serep

Perlu anda ingat sebelum memasangkan ban serep harap periksa terlebih dulu kondisinya dan pastikan dalam keadaan baik, jika sudah yakin baru pasangkan roda secara perlahan hingga pas dan jangan lupa pasang juga bautnya lalu kembali kunci berlawanan arah jarum jam sampai benar-benar kuat.

6. Lepas Dongkrak

Ini sepertinya cara yang paling sulit dan perlu berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan. Turunkan dongkrak secara perlahan hingga roda menyentuh ke tanah lalu putar dan tarik hingga dongkrak terlepas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here