Home Motor Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor

Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor

2459
0

OTONITY.com – Tips Merawat Karburator Sepeda Motor. Tidak kalah pentingnya dengan komponen lain, karburator pun juga mempunyai peran yang sangat penting bagi motor agar kualitasnya tetap teruji dan nyaman saat digunakan. Karburator berfungsi untuk menyatukan antara bahan bakar dengan udara sehingga hasilnya akan dibawa ke dalam mesin yang kemudian digunakan untuk menggerakkan motor.

Namun apabila karburator memiliki masalah atau gangguan maka bisa dipastikan motor pun menjadi sulit untuk dihidupkan, misalnya saja ketika karburator terkena air maka satu-satunya cara mengatasinya yaitu melepas dan membersihkannya agar kembali bisa dipakai kembali.

Merawat Karburator Motor

Cara merawat atau membersihkan karburator motor pun sebenarnya sangat mudah apabila mengerti teorinya. Langkah pertama lepaskan filter udara yang terdapat di mulut karburator dan bersihkan menggunakan cairan pembersih lalu keringkan di tempat yang tidak terkena cahaya langsung.

Kemudian lepaskan semua baut pengikat karburator lalu setelah terlepas baru bersihkan karburator menggunakan kuas atau bisa juga menggunakan kompresor dengan tekanan angin yang tinggi supaya kotoran didalamnya bisa keluar semua. Apabila ada kerak kotoran yang menempel bisa juga membersihkan menggunakan amplas secara hati-hati agar ukuran puyer tidak berubah.

Langkah terakhir yaitu atur ketinggian pelampung bensin menggunakan stigmat dan usahakan diukur sesuai standar, setelah itu baru pasang kembali semua baut pengikatnya serta jangan lupa pasang juga pasang kembali filter yang telah dikeringkan tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here