Home Motor 4 Penyebab Mesin Motor Berbunyi Kasar Dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Mesin Motor Berbunyi Kasar Dan Cara Mengatasinya

9587
0

OTONITY.com – Cara Mengatasi Suara Kasar Pada Mesin Motor. Bagi anda pemilik sepeda motor pasti pernah mengalami suatu kejadian dimana yang semula mesin motor anda halus tiba-tiba menjadi kasar atau berbunyi, bahkan bunyi tersebut semakin keras jika kita menarik gas semakin tinggi. Bagi anda yang pernah mengalami sebaiknya jangan anggap hal tersebut sepele karena jika anda biarkan maka bisa berakibat fatal seperti turun mesin.

Ada beberapa penyebab mengapa mesin motor anda menjadi kasar yakni yang pertama kualitas bahan bakar jelek atau tidak standar, khususnya bagi kendaraan model terbaru lebih baik memakai bahan bakar dengan oktan tinggi agar mesin menjadi lebih awet.

Penyebab Mesin Motor Kasar

Penyebab yang kedua yaitu busi sudah dalam keadaan aus dan sudah waktunya untuk diganti, meskipun komponen ini dianggap sepele oleh kebanyakan orang namun ternyata fungsi busi justru sangat penting yaitu sebagai penghubung proses pembakaran pada mesin. Untuk mengatasinya gantilah dengan busi baru yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan motor anda.

Dan penyebab yang ketiga yakni setelan klep bahan bakar tidak terpasang dengan sempurna sehingga asupan bahan bakar ke dalam mesin menjadi tidak sempurna. Biasanya jika tidak dalam posisi yang benar maka saat busi menghasilkan api maka akan terjadi ledakan.

Penyebab keempat dan paling sering dialami yakni pemakaian pelumas tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, jika menggunakan oli tidak seperti keinginan mesin maka dapat dipastikan bakal terjadi letupan dari ruang bahan bakar. Untuk itulah bagi anda pemilik kendaraan bermotor alangkah baiknya selalu melakukan perawatan maupun servis secara berskala agar mesin tetap dalam kondisi maksimal saat digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here