Home Motor Tips dan Trik Berkendara Motor Di Jalur Perbukitan

Tips dan Trik Berkendara Motor Di Jalur Perbukitan

1959
0

OTONITY.com – Tips Mengendarai Motor Di Jalanan Menurun. Ketika kita bepergian menggunakan sepeda motor tentu pada saat melewati jalanan macet bisa lolos dengan cukup mudah, namun ketika anda berada di jalanan perbukitan yang menanjak dan berliku maka inilah tantangan paling sulit serta melelahkan bagi pengendara.

Apalagi kalau jalur tersebut belum pernah kita lewati sebelumnya maka bisa dipastikan bakal membuat kepanikan jika tiba-tiba berhadapan dengan tikungan yang tajam dan menurun. Inilah faktor utama penyebab kecelakaan ketika melewati medan tersebut.

Tips Melewati Jalan Menurun

Menurut Jusri Pulubuhu selaku Chief Instructor JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting) menjelaskan bahwa sebenarnya ada beberapa trik agar pengendara bisa melewati jalur seperti itu dengan aman. Misalnya saja pengendara harus mampu melihat pandangan seluas mungkin, jika ada kendaraan besar berjalan satu arah di depan maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk melewati.

Tips lainnya yakni lakukan pengereman di permukaan aspal landai agar pengereman lebih maksimal. Dan yang tidak kalah penting saat melewati turunan perlambat deselerasi mesin dan letakkan transmisi di posisi tepat untuk menahan laju.

Jika saat pengereman mengalami masalah seperti panas pada bagian rem maka langkah yang paling tepat yaitu mengistirahatkan motor selama kurang lebih 30 menit atau hingga kondisi suhu normal. Jusri menambahkan bahwa sangat tidak disarankan menyiram air kebagian rem yang sedang panas karena bisa sangat berakibat fatal seperti komponen menjadi tidak sempurna sehingga mengakibatkan penurunan performa rem motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here