Home Motor Bahaya Menggunakan Oli Bekas Pada Rantai Motor

Bahaya Menggunakan Oli Bekas Pada Rantai Motor

2509
0

OTONITY.com – Akibat Memakai Oli Bekas Di Rantai. Pasti anda pernah memberikan pelumas oli bekas ke rantai ketika keadaan rantai tersebut mulai mengering. Hal itu dimaksudkan agar gesekan menjadi semakin nyaman dan rantai pun tidak berbunyi ketika di jalankan. Namun ternyata penggunaan pelumas bekas tersebut sangatlah bahaya dan tidak dianjurkan oleh para pabrikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa oli bekas merupakan hasil dari residu sisa pembakaran sehingga kualitasnya sudah tidak bagus lagi, apalagi saat anda menggunakan oli bekas tersebut ke rantai motor maka debu maupun kotoran lain pun akan cepat menempel karena sifatnya yang lengket dan berlendir.

Menggunakan Pelumas Rantai Motor

Jika anda terlalu sering melakukan hal tersebut akibat fatalnya adalah mengurangi usia rantai dan akhirnya cepat putus. Sedangkan menggunakan oli baru pun sebenarnya juga bukan solusi yang tepat sebagai pelumas rantai karena bahan yang digunakan tidak di khususkan untuk hal tersebut.

Alangkah baiknya jika anda ingin rantai motor tetap awet dan tidak cepat berkarat gunakan pelumas khusus rantai yang saat ini sudah banyak tersedia di bengkel-bengkel otomotif. Ada sedikit tips supaya rantai tidak cepat berkarat yaitu setelah anda gunakan pada saat hujan segera semprot menggunakan pelumas khusus rantai, selain itu jika mulai kendor jangan dibiarkan saja dan segera setel kembali agar kembali kencang.

Menseting rantai terlalu kencang pun juga tidaklah bagus sebab tarikan motor menjadi semakin berat dan akibatnya rantai akan cepat putus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here