Home Mobil Tips Sebelum Membeli Mobil Baru Dan Mobil Bekas

Tips Sebelum Membeli Mobil Baru Dan Mobil Bekas

2980
0

OTONITY.com – Panduan Membeli Mobil Baru dan Bekas. Di Indonesia saat ini memiliki mobil bukan lagi merupakan sebuah barang yang mewah. Jika pada zaman dahulu orang yang memiliki mobil adalah sebatas orang kaya, tetapi sekarang ini kalangan menengah ke bawah pun sudah sanggup untuk membeli mobil meskipun harus melalui kredit. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya frekuensi pengguna mobil di jalanan Indonesia seperti di kota kota besar yang mulai mengalami kemacetan seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Malang.

Perkembangan industri otomotif di Indonesia berjalan dengan cepat tetapi tidak disertai dengan pembangunan infrastruktur jalan sehingga kemacetan mulai menjalar kemana mana. Jika anda ingin membeli mobil terdapat dua pilihan yang harus dicermati yaitu membeli mobil baru ataukah membeli mobil bekas dengan harga yang lebih murah tetapi kualitasnya tidak sebaik mobil baru. Dibawah ini terdapat beberapa tips membeli mobil baru dan mobil bekas:

1. Membeli Mobil Berdasarkan Kebutuhan

Ketika anda pertama kali memutuskan untuk membeli mobil pasti anda memiliki spesifikasi mobil untuk memenuhi kebutuhan anda. Tidak sedikit orang yang menyesal ketika sudah membeli mobil tetapi tidak cermat ketika melakukan pemilihan sehingga mobil yang dibeli tidak sesuai harapan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Atau bahkan terlalu berlebihan sehingga terkesan membuang uang. Jika anda memiliki keluarga besar dan budget yang berlebih anda bisa memilih mobil keluarga seperti Kijang Innova, Grand Livina, Honda Stream Terbaru. Jika anda adalah orang terpandang dan merasa gengsi, bisa memilih Toyota Alphard atau Nissan Elgrand yang merupakan kendaraan premium yang harganya hampir mendekati 1 milyar. Selanjutnya untuk kelas menengah atau Low-MPV memiliki lebih banyak pilihat sebut saja Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Daihatsu Luxio. Dan bila anda memiliki budget yang pas pasan anda bisa menjatuhkan pilihan pada mobil mobil seperti Daihatsu Espass, Suzuki Carry untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga anda.

2. Kondisi Mobil

Ketika anda sudah memutuskan untuk membeli mobil baru anda tidak akan mengalami banyak masalah, karena kondisi mobil baru sudah terjamin dan tentunya anda memilih yang mempunyai asuransi mobil. Anda hanya perlu mempertimbangkan apakah memilih mobil bermesin diesel atau bensin, hal tersebut tergantung medan yang akan dilalui sehari hari. Jika kebutuhan anda kebanyakan medan tanjakan atau offroad, mobil bermesin diesel bisa menjadi pilihan bagus.

Tetapi berbeda lagi jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, banyak sekali hal yang menjadi perhatian. Ketika membeli mobil ajaklah teman atau kerabat anda yang sedikit mengerti tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Atau juga bisa anda browsing di internet terlebih dahulu apa saja kelebihan, kekurangan dan kelemahan mobil bekas murah pilihan anda.

3. Pilihan Harga

Tentunya anda menginginkan harga mobil yang paling murah. Anda bisa melakukan survei kepada beberapa dealer mobil di kota anda karena harga mobil setiap dealer bisa saja berbeda. Jika anda memilih pembayaran kredit pastikan dahulu dengan simulasi kredit mobil jangan sampai anda menyesal kemudian hari karena biaya kredit mobil yang membengkak sehingga anda tidak mampu melanjutkan pembayaran. Sekarang juga sudah banyak situs online market place mobil yang bisa dijadikan tempat survei harga mobil seperti berniaga, tokobagus, mobil kapan lagi. Selamat membeli mobil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here