Home Motor Tips Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Pada Motor

Tips Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Pada Motor

2259
0

OTONITY.com – Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Awet. Seperti yang kita ketahui bahwa aki merupakan komponen yang mempunyai peran sangatlah penting bagi kendaraan. Tanpa adanya aki maka seluruh kelistrikan yang ada di dalam kendaraan tidak akan bisa berfungsi. Saat ini di Indonesia aki motor ada dua jenis yaitu aki basah dan aki kering yang keduanya mempunyai kelebihan maupun kekurangan sendiri-sendiri.

Namun khusus untuk motor keluaran terbaru kini kebanyakan sudah memakai aki kering karena perawatan yang lebih mudah dan tidak terlalu ribet dibandingkan dengan aki basah. Hanya saja masih banyak pemilik motor yang belum tahu caranya apabila suatu saat aki kering tersebut rusak.

Mereka justru memilih untuk membeli yang baru karena kurangnya pengetahuan, padahal aki kering rusak maupun soak masih bisa diperbaiki dengan cara cukup mudah. Anda hanya membutuhkan peralatan seperti sebuah suntikan dan accu zuur.

Setelah semua tersedia berikut tips mudah memperbaiki aki kering yang rusak :

  • Lepas seluruh kabel yang menghubungkan aki dengan motor.
  • Jika sudah angkat aki dari dalam motor
  • Buka semua penutup aki
  • Isilah aki tersebut menggunakan accu zuur memakai suntikan yang telah anda persiapkan tadi sebanyak 1 cm dari batas atas.
  • Tutup kembali aki tersebut hingga rapat dan pastikan tidak ada celah.
  • Pasang kembali aki tersebut ke tempatnya serta jangan lupa sambungkan kembali rangkaian kabel penghubungnya.
  • Langkah terakhir yaitu hidupkan motor agar hingga beberapa saat agar memulai proses pengisian.

Jika semua langkah tersebut sudah anda lakukan namun tetap tidak berakhir maka jalan satu-satunya yaitu menggantinya dengan yang baru karena biasanya kerusakan aki kering terjadi karena telah melampaui usia pemakaian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here