Teknik Mengerem Sepeda Motor Bagi Pemula

0

OTONITY.com – Teknik Pengereman Motor Yang Benar. Bagi pengendara motor baik pemula maupun yang sudah berpengalaman tentu teknik dalam melakukan pengereman sangatlah penting agar bisa terhindar dari bahaya, hanya saja khusus bagi pemula terkadang masih bingung dan cepat panik apabila ada sesuatu yang mendadak berada di depannya dan justru salah dalam melakukan pengereman bisa mengakibatkan kecelakaan.

Ada satu teknik khusus apabila anda menggunakan motor bebek atau motor sport yaitu dengan cara engine brake, cara ini merupakan efek pengereman akibat putaran mesin yang diturunkan sehingga bisa mengurangi laju kendaraan tanpa harus mengerem.

Tips Mengerem Motor

Hanya saja yang paling penting yaitu tetap menekan rem demi keselamatan anda maupun orang lain, teknik pengereman yang paling tepat adalah menggunakan rem depan sedangkan rem belakang hanya untuk penyeimbang saja. Gunakanlah dua atau tiga jari terluar untuk melakukan pengereman bagian depan karena bisa lebih maksimal dan lebih mudah dalam mengatur tempo laju motor.

Hindari menekan secara langsung atau terlalu dalam baik untuk rem depan maupun rem belakang karena bisa sangat berbahaya, lebih baik tekan sedikit demi sedikit supaya selain menghindari selip juga mencegah pengendara di belakang kaget saat menghadapi situasi tersebut.

Baca juga: Posisi Menyetir Motor Yang Benar Tidak Mudah Capek

Namun apabila anda berada di jalan berbelok tajam atau yang bergelombang, tidak rata dan bahkan berpasir maka usahakan pacu kendaraan anda dengan kecepatan rendah. Untuk mengantisipasi dan menjaga keseimbangan turunkan salah satu kaki atau dua kaki sekaligus agar ketika motor sudah dalam keadaan tidak stabil maka kaki anda bisa mencegahnya untuk tidak terjatuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY