Home Motor Perbedaan Mesin Fuel Injection Dan Karburator

Perbedaan Mesin Fuel Injection Dan Karburator

3774
0

OTONITY.com – Perbandingan Mesin Motor Injeksi dan Karburator. Guna memberikan kenyamanan berkendara yang lebih hemat bahan bakar kini para pabrikan motor memakai sistem fuel injection pada model terbarunya, mereka mengklaim selain hemat BBM juga lebih ramah lingkungan dibandingkan sistem karburator.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengapian karburator mempunyai sistem kerja sesuai putaran stasioner dan perbandingan campuran antara bensin serta udara yang kemudian disalurkan ke dalam mesin, sementara itu sistem injeksi mempunyai kerja yang lebih canggih yaitu dengan cara memakai komputer untuk menganalisa kondisi seperti volume, putaran mesin, suhu udara, dan berbagai komponen lainnya. Setelah itu baru ECU menentukan suplai bensin ke dalam mesin.

Kelebihan Mesin Karburator

Tentu saja mesin motor sistem fuel injection ini mempunyai berbagai kelebihan seperti jumlah bensin yang dikeluarkan lebih hemat dan sesuai kebutuhan dapur pacu, selain itu juga tidak terpengaruh dengan kondisi cuaca. Dengan adanya teknologi tersebut membuat mesin selalu tampil prima saat digunakan.

Namun meskipun demikian mesin injeksi juga memiliki berbagai kekurangan misalnya saja perawatan yang tidak boleh sembarangan serta harus melalui pemeriksaan khusus dan terlalu banyak komponen kelistrikan sehingga rawan jika terkena air.

Sedangkan untuk mesin karburator mempunyai perawatan yang lebih mudah serta biaya lebih terjangkau bagi masyarakat, selain itu juga tidak terlalu rentan terkena air karena hanya memiliki sistem kelistrikan lebih sedikit. Walaupun begitu tetap saja mesin karburator memiliki kelemahan seperti efisiensi bahan bakar lebih boros dibandingkan dengan injeksi, lalu mesin pun juga tergantung dengan cuaca sekitar misalnya saja apabila di pagi hari yang masih dingin terkadang mesin sangat sulit untuk dihidupkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here