Home Motor Tips Melintasi Rel Kereta Api Dengan Aman

Tips Melintasi Rel Kereta Api Dengan Aman

1695
0

OTONITY.com – Tips Aman Melewati Perlintasan Kereta Api. Kurang taatnya pengguna jalan adalah sumber kecelakaan saat melintasi rel kereta api di Indonesia. Banyak sekali orang yang sebenarnya tahu peraturan melintas rel kereta api tetapi tetap saja menerobos dengan alasan  mengejar waktu. Padahal meskipun terlihat pelan Kereta Api sebenarnya berjalan cukup cepat sehingga masinis pun sulit mengerem apabila ada kendaraan yang tiba-tiba melintas di depannya. Selain faktor kelalaian pengguna jalan perlintasan rel tanpa palang pintu pun juga turut andil penyumbang kecelakaan antara kereta api dengan kendaraan lain.

Para pengguna sepeda motor merupakan yang paling suka sekali menerobos meskipun sudah jelas-jelas palang pintu mulai diturunkan. Perlu kesadaran semua orang agar lalu lintas menjadi lebih lancar dan yang pasti bisa mengurangi angka kecelakaan itu sendiri.

Tips Aman Melintasi Rel Kereta Api

Ada beberapa tips khusus bagi pengguna motor bagaimana cara melintai rel kereta api yang benar dan aman, misalnya saja kurangi kecepatan anda 50 meter sebelum mendekati rel dan dengarkan apakah sirine berbunyi atau tidak, tengok juga kiri dan kanan sebelum melintas namun apabila sirine berbunyi dan palang pintu mau diturunkan sebaiknya berhenti terlebih dulu.

Saat menunggu kereta lewat jangan pernah berhenti di jalur yang berlawanan karena akan mengganggu pengendara dari arah lain. Setelah rangkaian kereta lewat maka harap bersabar terlebih dulu dan pastikan tidak ada kereta dari arah lain yang melintas karena terkadang rel jalur ganda bisa saja melintas secara bersamaan.

Ketika ingin melewati rel kereta api pastikan putaran mesin dan juga transmisi sesuai dengan kecepatan motor agar tidak mati secara mendadak, apabila hal tersebut terjadi pada anda maka jangan panik dan usahakan setenang mungkin, normalkan posisi transmisi dan tuntun motor ke tempat yang aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here