Home Motor Cara Mudah Merawat kondisi Motor Saat Musim Hujan

Cara Mudah Merawat kondisi Motor Saat Musim Hujan

1278
0

OTONITY.com – Tips Menjaga Komponen Motor Ketika Musim Hujan. Meskipun bisa melewati hujan dengan lincah dan terlihat baik-baik saja namun jangan salah ternyata komponen motor pun juga tidak kalah penting dibandingkan dengan mobil, justru ukuran yang kecil itulah membuat motor rawan sekali mengalami kerusakan di beberapa bagian komponen penting karena tidak terlindung sempurna.

Jika hal tersebut terus dibiarkan bukan tidak mungkin di suatu hari nanti motor anda menjadi sulit dihidupkan dan parahnya lagi sistem kelistrikan menjadi rusak karena terkena air hujan, untuk mencegah kejadian tersebut terjadi pada motor kesayangan anda sebenarnya ada beberapa tips maupun cara merawat komponen motor supaya tetap tangguh saat digunakan pada saat musim hujan.

Yang pertama selalu cuci motor anda setelah terkena air hujan karena selain membuat tampilan kendaraan menjadi lebih cantik juga bisa mencegah timbulnya korosi, untuk mencucinya pilihlah shampo yang khusus motor serta memakai kain halus.

Tips Membersihkan Motor Saat Hujan

Tips kedua yaitu selalu rawat juga bagian rantai motor karena bagian ini sering sekali cepat karat apabila terkena air hujan, apabila berkarat maka membuat komponen ini menjadi berisik dan cepat putus. Selain itu periksa juga tingkat kekencangannya serta usahakan jangan terlalu kendur agar tetap nyaman saat digunakan.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu pastikan kondisi ban tetap dalam keadaan bagus, jangan memaksakan apabila sudah mulai botak atau tidak terdapat batik lagi karena bisa sangat berbahaya jika digunakan saat hujan, seperti yang kita ketahui jalanan menjadi licin saat terkena air dan tentu saja bisa membuat motor tergelincir.

Tips Berikutnya adalah periksa juga bagian kampas rem untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat musim hujan, apabila tidak bisa memeriksa sendiri anda juga bisa membawanya ke bengkel terpercaya dan terkadang di tempat bengkel tersebut anda akan diberikan pengarahan cara merawat rem yang benar.

Tips terakhir yaitu jaga kondisi busi agar tidak terkena air yang bisa saja membuat motor anda macet, alangkah baiknya selalu bawa busi cadangan untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi pada anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here