Home Mobil Tips Merawat Mobil Setelah Tergenang Banjir

Tips Merawat Mobil Setelah Tergenang Banjir

1408
0

OTONITY.com – Cara Membersihkan Mobil Yang Terendam Banjir. Jalan perkotaan yang sering tergenang banjir tentu menjadi permasalah tersendiri bagi pemilik kendaraan khususnya mobil. Terkadang ketinggian air yang mencapai velg bisa merusak beberapa komponen mesin dan harus mendapatkan perawatan ekstra agar tidak mengalami kerusakan yang parah.

Yuta Obed selaku Manajer Servis Auto2000 menuturkan sebenarnya ada beberapa tips yang wajib anda lakukan agar beberapa komponen mesin tidak mengalami masalah setelah tergenang banjir. Berikut cara dan tips yang disampaikan oleh Yuta :

  • Setelah air mulai surut segera bersihkan komponen rem mobil anda karena terkadang saat banjir menerjang kendaraan maka lumpur maupun kotoran langsung menempel di sela-sela sistem rem. Untuk menghilangkannya anda cukup menyemprot menggunakan air bersih kebagian piringan rem dan kaliper.
  • Tips kedua periksa juga bagian bearing roda dan untuk mencegah timbulnya karat anda bisa mengoleskan pelumas agar tidak kering serta tidak mengeluarkan bunyi saat digunakan.
  • Jangan lupa cek juga bagian saringan udara dan intake apabila terdapat air segera keringkan.
  • Berikutnya periksa tempat busi apakah terdapat air atau tidak, untuk menghilangkan air yang terdapat di ruang bahan bakar anda hanya perlu menyalakan mobil dalam keadaan busi terbuka, namun apabila mengalami kesulitan cukup memanggil mekanik supaya tidak terjadi hal yang fatal.
  • Yang tidak kalah pentingnya yaitu periksa komponen kelistrikan dan pastikan tidak ada yang terkena air, namun jika terdapat air maka segera keringkan menggunakan semprotan angin atau bisa juga memakai contact cleaner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here