Home Motor Tips Aman Mengubah Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji

Tips Aman Mengubah Motor Berbahan Bakar Gas Elpiji

5792
0

OTONITY.com – Cara Menjadikan Motor Berbahan Bakar Gas. Fenomena modifikasi motor menjadi berbahan bakar gas elpiji semakin marak terjadi di Indonesia, hal itu memang sengaja dilakukan menyusul keputusan pemerintah yang menaikkan harga BBM sebesar Rp 2 ribu pada beberapa waktu lalu. Memang bahan bakar gas jauh lebih irit dibandingkan dengan BBM karena untuk gas elpiji ukuran 3 kg saja bisa menempuh jarak lebih dari 250 km.

Namun tidak serta merta motor bisa langsung memakai bahan bakar gas dan perlu beberapa modifikasi karena suplai BBM dengan gas tidaklah sama. Apabila salah melakukannya pun resikonya cukup besar karena seperti yang kita ketahui gas elpiji mudah sekali meledak. Hanya saja apabila anda tahu cara menggunakannya tentu ini menjadi alternatif pilihan, berikut beberapa tips mengubah motor menjadi berbahan bakar gas elpiji.

Tips Ubah Motor jadi Bahan Bakar Elpiji

Yang perlu anda persiapkan adalah membran karena alat ini berfungsi sebagai penghantar dari gas ke karburator, seperti yang kita ketahui bahwa dalam karburator motor terdapat pelampung dan apabila anda ingin mengubah menjadi bahan bakar gas maka pelampung tersebut diganti dengan membran. Sangat tidak disarankan untuk langsung menghubungkan antara gas elpiji dengan karburator karena percikan api yang dihasilkan sangatlah berbahaya.

Selanjutnya pada bagian karburator juga harus dimodifikasi dan disesuaikan dengan membran itu sendiri, karena fungsi pelampung sudah digantikan dengan membran maka tidak ada masalah apabila anda melepaskan pelampung tersebut.

Motor yang menggunakan bahan bakar bensin memiliki perbandingan sekitar 1:15 sedangkan apabila memakai elpiji mempunyai tekanan lebih besar yaitu 1:18, itulah sebabnya diperlukan katup penyalur gas yang berfungsi untuk mengatur debit serta harus mampu menahan tekanan gas dari dalam tabung yang mencapai 12 bar. Bagi orang awam memang cara ini cukup rumit sehingga tidak disarankan untuk melakukannya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here