Home Motor Tips Melepas Ban Motor Yang Benar Tanpa Merusak Velg

Tips Melepas Ban Motor Yang Benar Tanpa Merusak Velg

3101
0

OTONITY.com – Cara Ganti Ban Sepeda Motor. Banyak sekali faktor yang menyebabkan ban dalam pada sepeda motor mengalami bocor, misalnya saja karena terkena benda tajam, ban luar yang telah mulai gundul, atau bisa juga disebabkan ban dalam sudah waktunya untuk mengganti. Pasti banyak orang yang memilih untuk menembel ban dalam dengan membawanya ke bengkel, padahal terkadang tukang tambal ban tersebut tidak mengerti metode yang benar mengenai bagaimana cara mengganti tanpa harus merusak velg.

Melepas ban dalam motor dengan asal-asalan ternyata bisa berdampak buruk bagi velg motor misalnya saja akan terdapat lecet, selain itu penggunaan pengungkit untuk mencongkel ban dalam bukanlah solusi yang benar dan justru membuat posisi tidak center sehingga mengurangi rasa nyaman bagi pengendara itu sendiri.

Sebenarnya ada banyak cara melepas ban dalam tanpa harus memakai pengungkit dan salah satunya adalah menggunakan air sabun. Caranya pun juga sangat mudah sekali yaitu hanya dengan mengoleskan sabun yang telah dilarutkan sedikit air, setelah itu sabun tersebut diberikan kebagian ban yang menempel pada velg secara merata supaya tambah licin.

Jika ban yang menempel di velg sudah terasa licin langkah selanjutnya yaitu tekan ban dengan tangan supaya bisa masuk ke dalam velg, keluarkan semua ban luar dari velg dan setelah itu baru tarik ban dalam hingga terlepas. Untuk memasangnya kembali hampir sama dengan teknik melepas ban yaitu dengan cara memberikan sabun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here