Home Mobil Tips Mengendarai Mobil Di Jalan Tol Yang Benar

Tips Mengendarai Mobil Di Jalan Tol Yang Benar

2459
0

OTONITY.com – Cara Menyetir Mobil Di Jalan Tol Dengan Aman. Meskipun jalan tol dikatakan sebagai jalur bebas hambatan namun sayangnya angka kecelakaan di jalan ini masih tergolong tinggi dan bahkan nyaris terjadi setiap hari.Sebenarnya kecelakaan tersebut disebabkan oleh cara mengemudi yang salah kaprah karena banyak orang menganggap bahwa jalan tol yang bebas hambatan bisa dilalui dengan kecepatan tinggi.

Ditambah lagi kondisi tubuh yang kurang prima namun tetap dipaksa untuk berkendara membuat kecelakaan di jalur bebas hambatan semakin meningkat. Setidaknya ada beberapa tips aman yang harus anda lakukan jika sedang mengendarai mobil di jalan tol, beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Yang pertama pastikan tubuh anda dalam kondisi sehat dan tidak merasa mengantuk.
  2. Mobil Juga harus dalam keadaan stabil serta tidak ada tanda-tanda kerusakan saat di cek termasuk lampu sein dan juga rem.
  3. Pasang sabuk pengaman yang benar baik penumpang maupun pengendara itu sendiri.
  4. Ketika ingin mendahului mobil yang ada di depannya pastikan ada mempunyai ruang cukup serta berikan pertanda ke pengendara di depan agar mengantisipasi kesalahan.
  5. Jarak ideal jika ingin menyalip kendaraan lain adalah 10 sampai 20 meter.
  6. Batas kecepatan rata-rata saat berada di jalur bebas hambatan adalah 60-80 km/jam untukjalur kiri serta 120 km/jam di jalur kanan, jangan pernah sekali-kali melewati batas kecepatan tersebut karena bisa sangat berbahaya bagi anda maupun pengendara lain.
  7. Jika ketika berkendara di jalan tol tiba-tiba mobil mengalami masalah, lebih baik segera menepi di tempat yang cukup aman dan jangan lupa berikan tanda lampu sein supaya pengendara lain bisa melihat anda.
  8. Usahakan ketika terjadi masalah pada mobil jangan mengerem secara mendadak dan lebih baik turunkan kecepatan secara bertahap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here