Home Motor Tips Hemat BBM Pada Motor Melalui Ukuran dan Tekanan Ban

Tips Hemat BBM Pada Motor Melalui Ukuran dan Tekanan Ban

1204
0

OTONITY.com – Tips Menghemat Bahan Bakar Motor Yang Mudah. Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) tentu saja cukup berdampak bagi pemilik kendaraan termasuk pengendara motor. Hanya saja ada juga yang belum paham kalau tekanan dan juga ukuran ban juga berpengaruh dalam penggunaan konsumsi BBM itu sendiri. Sebenarnya para pabrikan sudah menentukan standar roda yang digunakan dan tentu saja sudah sesuai dengan beban maksimal motor tersebut.

Seperti yang kita ketahui jika ban diganti dengan ukuran lebih besar maka dapat dipastikan bebannya pun juga bertambah sehingga mesin pun turut bekerja lebih. Hal tersebut disampaikan langsung oleh M. Riza selaku Marketing Manager PT Suryaraya Rubber Industries. Menurut Reza sebenarnya sah-sah saja jika pemilik motor melakukan modifikasi menggunakan ban lebih besar supaya terlihat semakin sporty.

Hanya saja ada konsekuensi yang harus diterima yaitu beban mesin bertambah dan tentu berakibat terhadapt konsumsi bahan bakar. Reza menambahkan selain beban yang bertambah ternyata kontak antara ban dan juga aspal juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Semakin luas permukaan ban tersebut maka otomatis gesekan yang dihasilkan pun juga lebih besar.

Selain itu tekanan angin yang terdapat di ban juga mempengaruhi misalnya saja untuk beberapa motor sport seperti Yamaha V-Ixion dan juga Kawasaki Ninja 250 FI seharusnya mempunyai tekanan ban sekitar 28 psi untuk depan serta 33 psi di roda belakang. Sedangkan untuk skuter seperti Honda Vario 125 CBS ISS mempunyai tekanan ban 33 psi baik dibagian depan maupun belakang. Jika kurang dari itu maka dapat dipastikan bakal menambah beban pada motor tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here