Home Mobil Tips Kenali Rem Mobil Sudah Waktunya Ganti

Tips Kenali Rem Mobil Sudah Waktunya Ganti

1064
0

OTONITY.com – Ciri-Ciri Rem Mobil Bermasalah. Salah satu komponen mobil yang harus mendapatkan perawatan khusus adalah rem karena bagian ini merupakan bagian paling fital dalam sebuah kendaraan, kondisi rem yang bagus tentu membuat pengemudi menjadi lebih tenang dan nyaman saat menempuh perjalanan selain itu juga mengurangi resiko kecelakaan.

Meskipun sudah mendapatkan perawatan secara rutin dan benar namun tetap saja rem mempunyai umur ketahanan sehingga perlu diganti dengan yang baru, sayangnya tidak banyak pemilik tahu ciri-ciri kapan komponen tersebut harus diganti. Padahal teknik mengenalinya pun sangatlah mudah dan bisa dilakukan semua orang. Berikut beberapa pertanda bahwa rem sudah waktunya untuk diganti :

1. Ketebalan Kepingan Cakram

Salah satu cara paling mudah adalah bisa anda cek melalui ketebalan cakram, jika masih tebal berarti cakram tersebut masih layak digunakan karena mampu menjepit dengan sempurna namun sebaliknya kalau kondisinya sudah tipis maka dianjurkan untuk segera mengganti dengan yang baru.

2. Bunyi Rem

Tentu anda pernah mengalami atau mendengar kondisi rem yang mengeluarkan bunyi berdecit ketika diinjak, itulah salah satu ciri-ciri kalau rem sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru karena selain membuat risih bagi yang mendengarkan kondisi rem seperti itu juga sangat berbahaya apabila terus digunakan.

3. Mobil Terasa Bergetar

Meskipun ciri-ciri seperti ini sangat sulit untuk di deteksi namun sebenarnya penyebab mobil bergetar saat dikendarai adalah karena cakram rem dalam keadaan bergelombang yang diakibatkan oleh seringnya masuk ke dalam lubang. Selain membuat mobil menjadi bergetar kondisi tersebut juga mengakibatkan rem cakram tidak menjepit dengan sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here