Home Mobil Penyebab Pintu Geser Pada Mobil Cepat Rusak

Penyebab Pintu Geser Pada Mobil Cepat Rusak

2070
0

OTONITY.com – Kebiasaan Yang Membuat Pintu Geser Rusak. Di Indonesia ada beberapa mobil MPV yang mempunyai pintu dengan jenis geser seperti Honda Freed, Daihatsu Gran Max dan Honda Odyssey. Tentu secara perawatan sangat berbeda dengan pintu standar karena pada mobil seperti ini ada rel.

Namun sayangnya masih banyak pemilik atau penumpang ceroboh ketika membuka maupun menutup pintu geser sehingga terjadi kerusakan. berikut beberapa penyebab yang membuat pintu geser pada mobil menjadi cepat rusak :

1. Rel jarang dibersihkan

Salah satu penyebab yang paling sering adalah malas untuk membersihkan rel pintu sehingga terdapat kotoran yang kemudian membuat pintu menjadi seret ketika ditutup dan dibuka.

2. Pelumas bearing jarang ditambah

Jika bearing jarang diberikan pelumas maka pintu pun menjadi seret dan bahkan mengeluarkan bunyi ketika dibuka, tentu kejadian ini membuat kenyamanan menjadi berkurang apalagi ketika dibawa pada acara penting.

3. Terlalu banyak Gemuk

Gemuk memang berfungsi untuk memperlancar pergeseran pintu namun jika terlalu banyak diberikan maka bearing pun bakal mengundang kotoran untuk menempel sehingga menjadikan pintu menjadi tersendat ketika digunakan.

4. Menutup dan membuka pintu terlalu kasar

Perilaku ini sebenarnya sering dilakukan oleh anak-anak atau orang yang sebelumnya belum pernah membuka pintu seperti ini. Benturan yang terlalu keras bakal membuat pengait pintu dol dan akhirnya membuat pintu tidak bisa dikunci secara sempurna.

5. Pintu terlalu lama terbuka

Penyebab ini merupakan yang paling sering dilakukan oleh pemilik mobil karena jika terlalu lama membuka pintu bisa saja membuat karet tersebut cepat robek dan aus, selain itu dengan membuka pintu terlalu lama bakal membuat kotoran masuk ke sela-sela rel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here