Home Aksesoris Tips Merawat Rem Cakram Motor Yang Tepat

Tips Merawat Rem Cakram Motor Yang Tepat

1377
0

OTONITY.com – Cara Merawat Cakram Rem Motor. Di musim penghujan seperti saat ini pemilik motor harus melakukan perawatan maupun pemeriksaan yang ekstra teliti pada kendaraannya, jika hal tersebut tidak dilakukan maka bisa saja mengalami masalah ketika sedang digunakan. Dan salah satu bagian yang harus mendapatkan perawatan khusus adalah rem cakram karena bagian ini sangatlah vital.

Seperti yang kita ketahui bahwa rem cakram yang setiap hari digunakan rentan sekali terkena kotoran maupun lumpur, apalagi di musim hujan seperti ini pasti beban pada komponen tersebut semakin berat. Apabila sudah terkena kotoran maka sudah pasti saat digunakan bakal tersendat sehingga membahayakan pengendara.

Cara Membersihkan Rem Cakram

Sebenarnya cara perawatan rem cakram sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel, cara yang pertama adalah lepaskan terlebih dulu kabel rem dan juga kaliper rem dari shock breaker, jangan lupa lepas pula bantalan rem sebelum anda mulai membersihkan rem tersebut.

Jika semua sudah dilepas langkah selanjutnya adalah persiapkan bahan seperti sikat kawat atau bisa juga menggunakan kertas ampelas halus, caranya sikat bagian permukaan rem cakram sampai benar-benar bersih dan tidak ada kotoran lagi.

Baca juga: Cara Membersihkan Rem Cakram Motor

Dan untuk mendapatkan hasil maksimal anda juga bisa menggunakan udara bertekanan tinggi yang bertujuan menghilangkan kotoran lebih cepat. Setelah itu keringkan semua komponen yang anda bersihkan tadi di tempat yang tidak terkena panas langsung dan apabila sudah benar-benar kering silahkan pasang kembali ke sepeda motor kesayangan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here