Home Motor Tips Merawat Tuas Gas Motor Yang Mudah

Tips Merawat Tuas Gas Motor Yang Mudah

1210
0

OTONITY.com – Cara Menghilangkan Kotoran Di Tuas Gas Motor. Ada satu komponen sepeda motor yang dianggap sepele oleh para pemilik namun sebenarnya mempunyai peran sangat penting dan harus mendapatkan perawatan secara rutin. Komponen tersebut adalah tuas gas motor karena jika sampai bagian ini mengalami kerusakan pasti membahayakan pengendara itu sendiri.

Ciri-ciri tuas gas motor mengalami masalah adalah ketika ditarik tuas tersebut tidak mau kembali secara normal atau tersendat, apabila hal tersebut terjadi ketika motor masih saat dipanaskan tentu tidak terlalu bermasalah namun jika gas tersangkut ketika digunakan pasti sangat membahayakan sekali dan akibatnya bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Membersihkan Tuas Gas Motor

Kerusakan tersebut diakibatkan karena tuas gas jarang diberikan pelumas sehingga menjadi lebih berat saat ditarik, apalagi bagi yang suka touring tentu bakal membuat lelah di jalan. Hal itu disebabkan karena kotoran masuk ke dalam tuas gas dan kemudian mengganjal kabel. Sebenarnya ada cara sederhana untuk merawat dan membersihkan kotoran di dalam tuas gas tersebut.

Yang pertama adalah anda hanya perlu mempersiapkan oli dan juga cairan pembersih, setelah itu buka selongsong kabel yang terdapat di tuas gas dengan cara buka bautnya terlebih dulu. Langkah berikutnya masukkan cairan atau oli tadi ke dalam selang kabel dan biarkan beberapa waktu sejenak supaya meresap terlebih dulu.

Tips berikutnya masukkan minyak sayur ke dalam selang supaya oli yang telah bercampur dengan kotoran bisa keluar dengan mudah. Jika sudah anda sudah silahkan bersihkan oli dan minyak yang menempel dan pastikan benar-benar bersih. Lakukan langkah tersebut beberapa kali apabila masih terdapat kotoran didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here