Home Mobil Tips Membersihkan Tangki Bahan Bakar Mobil Yang Mudah

Tips Membersihkan Tangki Bahan Bakar Mobil Yang Mudah

2491
0

OTONITY.com – Cara Mencegah Karat Di Dalam tangki Mobil. Mungkin banyak orang yang tidak menyadari kalau sebenarnya tangki bahan bakar di dalam mobil pun juga perlu dilakukan perawatan, hal ini bertujuan supaya kotoran atau karatan yang ada didalamnya bisa dibersihkan karena jika dibiarkan secara terus menerus maka akan menghambat aliran bahan bakar ke dalam mesin.

Sebenarnya cara merawatnya pun juga cukup mudah dan anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawa ke bengkel, hanya saja anda harus meluangkan waktu cukup banyak supaya bisa melakukannya sendiri. Langkah pertama dalam melakukan perawatan pada tangki bahan bakar adalah selalu gunakan BBM dengan oktan tinggi, sebab jika memakai oktan rendah kotoran yang masuk ke dalam tangki lebih banyak sehingga perlu perawatan lebih sering.

Cara Menguras Tangki Mobil

Meskipun anda menggunakan BBM beroktan tinggi tetap saja tangki harus dilakukan pembersihan dan usahakan lakukan setiap mobil mencapai jarak 200.000 km. Sebelum melakukan pengurasan sebenarnya cara yang paling tepat adalah isi bahan bakar anda hingga hampir penuh supaya kotoran maupun karat yang menempel di dinding tangki bisa ikut keluar.

Waktu pengurasan biasanya memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 1-2 jam. setelah bahan bakar benar-benar habis diamkan terlebih dulu tangki anda supaya kering sehingga memudahkan anda saat membersihkannya nanti. Jika sudah kering dan apabila masih terdapat kotoran yang mengendap di dasar silahkan bersihkan sampai hilang.

Langkah terakhir adalah bersihkan pula screen filter namun anda harus berhati-hati karena komponen ini sangatlah tipis sehingga rawan rusak. Gunakan semprotan angin agar kotoran didalamnya hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here