Home Motor Tips Mencuci Motor Injeksi Yang Benar Dan Aman

Tips Mencuci Motor Injeksi Yang Benar Dan Aman

2016
0

OTONITY.com – Cara Aman Mencuci Motor Injeksi. Saat ini hampir seluruh motor terbaru yang dikeluarkan pabrikan di Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi karena diklaim jauh lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan penyuplai bahan bakar jenis karburator. Kerja dari injeksi pun juga lebih canggih karena mampu mengatur suplai bahan bakar dan dengan sistem komputer dapat menekan jumlah bahan bakar yang dikeluarkan.

Hanya saja kelemahan dari sistem injeksi adalah banyak terdapat komponen elektronik yang rawan sekali jika terkena air, meskipun sudah dilengkapi dengan pengaman supaya tidak terkena air namun tetap saja apabila terjebak di genangan saat hujan atau salah dalam mencuci motor tetap saja mesin injeksi bakal rusak.

Komponen injeksi yang paling rawan rusak adalah ECM karena merupakan otak atau pengatur dari seluruh kerja teknlogi tersebut, di dalam ECM juga terdapat sensor sehingga rawan rusak jika terkena air. Ada juga beberapakomponen penting lainnya seperti throttle body dan soket penghubung ECM. Berikut ada beberapa tips supaya bagi anda pemilik motor teknologi injeksi tidak salah dalam mencuci motor.

Yang pertama yaitu hindari menyemprot secara berlebihan dibagian bawah jok karena di tempat tersebut terdapat ECM, langkah paling tepat apabila ingin membersihkan bawah jok adalah lap menggunakan kain basah dan gunakan air dengan aliran kecil.

Tips berikutnya ketika mencuci bagian bodi jangan mengarahkan air dari atas kebawah karena letak throttle ang berada di bawah mesin bisa saja terkena cipratan air. Namun alangkah baiknya sebelum anda mencuci motor injeksi baca terlebih dulu buku panduan atau bisa juga mencari info mengenai dimana letak komponen-komponen penting tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here