Home Mobil Tips Memilih Jenis Oli Yang Cocok Bagi Mesin Mobil

Tips Memilih Jenis Oli Yang Cocok Bagi Mesin Mobil

1605
0

OTONITY.com – Cara Menentukan Oli Yang Sesuai Dengan Usia Mobil. Beberapa tahun belakangan ini sudah mulai beredar mobil-mobil dengan mesin berteknologi tinggi yang tidak hanya membutuhkan bahan bakar berkualitas namun juga harus memakai oli yang cocok supaya mesin bisa tampil maksimal dalam melumasi seluruh komponen mobil.

Hanya saja bagi orang awam hal ini menjadi kendala tersendiri karena bingung untuk menentukan jenis oli mobil seperti apa yang pas digunakan. Banyak orang menganggap bahwa pelumas atau oli dengan harga tinggi cocok digunakan pada semua mobil karena sudah terjamin kualitasnya. Padahal langkah tersebut tidaklah sepenuhnya benar yang bisa saja membuat mobil justru menjadi bermasalah.

Cara Memilih Oli Mobil Yang Cocok

Ada banyak cara untuk bisa menentukan oli mesin yang bagus misalnya saja anda bisa cek melalui kode SAE (Society of Automotive Eingineering) yang menempel di wadahnya. Biasanya kode SAE ini diikuti oleh dua angka yang menentukan tingkat kekentalan oli sesuai produk pabrik. Angka-angka kekentalan yang telah dicantumkan oleh SAE diantaranya 0, 5, 10, 15, 20, 25, 30, 40, 50 dan 60 serta terdapat kode W yang merupakan singkatan dari Winter atau berarti dingin.

Namun untuk menentukan jenis oli yang cocok bagi mobil anda lebih baik perhatikan terlebih dulu usia kendaraan anda, jika masih cukup muda atau berusia dibawah 5 tahun lebih baik gunakan oli dengan kode SAE 10W-40 karena jenis oli ini mempunyai tingkat kekentalan cukup rendah sehingga cocok bagi mesin mobil yang masih mempunyai jarak antara dinding silinder dengan kepala piston tidak terlalu renggang.

Tapi bagi kendaraan diatas usia lima tahun dianjurkan menggunakan oli dengan kode SAE 20W-50 yang memiliki oli cukup kental karena jarak renggang antara dinding silinder dengan kepala piston sudah cukup jauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here