Home Mobil Tips Aman Menerjang Banjir Menggunakan Mobil

Tips Aman Menerjang Banjir Menggunakan Mobil

1095
0

OTONITY.com – Cara Menyetir Mobil Melewati Jalan Banjir. Saat ini seluruh wilayah tanah air hampir mengalami musim hujan dan salah satu tantangan paling berat bagi pengendara khususnya mobil adalah banjir. Apalagi di kota-kota besar yang rawan sekali tergenang banjir tentu semakin menambah stres ketika ingin bepergian. Bagi kendaraan berjenis mobil SUV yang memiliki ground clearence pasti bukan sebuah halangan dan bisa melewati dengan mudah.

Tapi tenang saja karena Rifat Sungkar yang juga pebalap reli nasional memberikan tips cara melewati genangan air banjir dengan mudah. Yang pertama pastikan air banjir tersebut tidak terlalu dalam agar ketika melintasinya tidak mogok di tengah jalan.

Tips berikutnya adalah pacu kendaraan dengan kecepatan rendah supaya tidak merusak berbagai komponen mobil seperti bumper depan atau air yang masuk melalui celah jendela dan anda pun cukup menerjang banjir dengan gigi satu. Perhatikan pula letak intake atau saringan udara anda. Jika bagian ini sampai terkena air maka dapat dipastikan mobil akan mengalami kerusakan.

Banyak orang beranggapan bahwa melintasi banjir dengan kecepatan tinggi akan menghalau air untuk masuk ke dalam knaplot yang kemudian ke intake, padahal cara tersebut tidak sepenuhnya benar karena dengan menginjak gas terlalu dalam justru akan membuka saluran udara semakin lebar sehingga mengakibatkan air masuk kedalamnya.

Tips terakhir yang tidak kalah penting yaitu persiapkan mental pengendara, jika anda ragu dalam menerjang banjir dan pada saat sudah berada di tengah jalan justru yang terjadi adalah kepanikan. Jangan paksa apabila mobil dalam keadaan kurang layak jalan atau kondisi ban sudah mulai gundul karena jalan yang terkena banjir bakal semakin licin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here