Home Mobil Tips Merawat Ban Yang Benar Saat Musim Hujan

Tips Merawat Ban Yang Benar Saat Musim Hujan

997
0

OTONITY.com – Cara Mudah Cek Kondisi Ban. Ban merupakan komponen paling vital ketika musim hujan seperti ini, tidak terkecuali bagi kendaraan mobil yang memang harus ekstra hati-hati ketika ingin melewati jalan basah maupun untuk melintasi genangan banjir. Oleh sebab itu agar ban mobil tetap tampil prima harus dilakukan perawatan yang ekstra agar pengendara maupun penumpang didalamnya tetap merasa nyaman.

Seperti yang dijelaskan oleh Sarah Robinson selaku ahli keselamatan ban dari pabrikan Michelin, ada banyak sekali cara merawat ban yang benar seperti merotasi ban, mungkin jarang sekali anda dengar namun dengan cara memindah atau merotasi dari ban belakang ke depan juga cukup berpengaruh. Namun alangkah baiknya anda lakukan cara ini setiap mobil mencapai jarak 8.000 km hingga 11.200 km.

Tips berikutnya cek kondisi tekanan ban dan pastikan tidak terlalu keras atau terlalu kempes. Sesuaikan kondisi tekanan seperti yang telah direkomendasikan oleh pabrikan. Masih banyak orang beranggapan kalau dengan mengurangi tekanan ban pada saat musim hujan mampu terhindar dari tergelincir padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Trik yang selanjutnya adalah jika anda baru saja membeli ban baru lebih baik tempatkan di roda belakang karena cengkraman ban baru tersebut masih sangat bagus sehingga jika mobil anda berpenggerak roda belakang maka akselerasi dari ban baru tersebut mampu mengendalikan kendaraan dengan baik.

Dan yang terakhir yaitu selalu periksa secara rutin batik atau garis-garis yang terdapat di ban anda, jika ketebalan masih cukup bagus maka ban anda masih layak digunakan namun sebaliknya apabila ketebalannya kurang dari 50 persen lebih baik segera ganti dengan yang baru dan usahakan jangan memaksa untuk melintasi jalur basah karena sangat berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here