Home Motor Tips Membersihkan Filter Motor Dengan Mudah

Tips Membersihkan Filter Motor Dengan Mudah

1828
0

OTONITY.com – Cara Merawat Filter Motor Yang Benar. Salah satu komponen yang paling bermanfaat ketika musim hujan seperti ini adalah bagian filter, tanpa adanya filter baik kotoran maupun air bisa masuk dengan mudah yang menyebabkan mesin menjadi mati. Padahal cara membersihkan filter motor sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus membawa ke bengkel.

Di Indonesia sendiri ada tiga jenis filter yang sering digunakan pada sepeda motor, yaitu filter udara dari busa, dari kertas kering dan dari kertas basah. Khusus untuk membersihkan filter yang terbuat dari busa anda cukup merendamnya dengan bensin lalu peras secara perlahan karena filter jenis busa mudah sekali rusak. Setelah itu lumuri dengan oli samping pada permukaan busa agar semakin awet.

Tips Membersihkan Filter Motor

Sedangkan cara membersihkan filter udara yang terbuat dari kertas kering prosesnya lebih mudah karena jenis ini tidak mudah rusak, caranya anda cukup menyemprotkannya menggunakan angin kompresor hingga kotoran menghilang. Anda pun tidak perlu merendamnya dengan bensin atau melumuri oli karena filter dari kertas kering sudah mempunyai kulitas cukup bagus.

Yang terakhir yaitu cara membersihkan filter dari kertas basah atau biasa disebut dengan wet elemen. Bahan dari jenis ini memang cukup mirip dengan filter kertas kering namun bedanya pada filter kertas basah ini memiliki pelumas khusus yang berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran dari ruang bahan bakar. Sebenarnya filter model ini tidak perlu di bersihkan namun harus diganti dengan yang baru setiap angka kendaraan mencapai 15.000 km.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here