Home Mobil Cara Posisi Menyetir Mobil Yang Benar

Cara Posisi Menyetir Mobil Yang Benar

2703
0

OTONITY.com – Cara Menyetir Mobil Yang Tepat. Sebagian besar pengendara mobil pasti menyadari kalau posisi menyetir mobil yang benar akan berdampak bagus bagi kenyamanan serta keamanan pengemudi itu sendiri. Teknik berkendara yang tepat tidak hanya pada posisi tangan saat memegang setir saja namun juga posisi duduk yang benar karena selain membuat lebih rileks juga mengakibatkan tulang tetap dalam kondisi sehat.

Jika sampai posisi berkendara salah maka akan membuat tubuh semakin lelah. Berikut tips posisi menyetir yang benar dan nyaman menurut Dedi Muliadi selaku Instruktur Safety dan Eco Driving Dipa Adventure :

  1. Tips pertama adalah posisi yang benar seperti tangan, kaki maupun posisi duduk. Hal ini bertujuan supaya badan tidak cepat capek dan tetap nyaman caranya yaitu posisi badan harus tegap dengan sudut 100 derajat.
  2. Tips Kedua posisi tangan harus lebih leluasa serta bagian kaki juga tetap dalam kondisi bebas. Yang paling penting adalah badan harus tetap bugar baik serta selalu konsentrasi.
  3. Yang ketiga posisi kepala usahakan agar tetap tegak agar tidak membuat leher cepat lelah. Supaya kepala bertambah nyaman anda bisa menambahkan bantalan yang terbuat dari bahan busa karena selai membuat rileks juga mengurangi benturan. Dengan begitu pandangan pun bisa tetap lurus ke depan sehingga tetap waspada mengantisipasi keadaan sekitar.
  4. Saat memegang setir mobil jangan terlalu tegang dan usahakan setenang mungkin, cara memegang yang benar adalah posisi ibu jari harus tetap sejajar di atas lingkar kemudi. Ada tips sederhana saat menyetir yaitu posisikan tangan kiri tepat berada di angka 9 sedangkan tangan kanan di angka tiga.
  5. Tips lain yang tidak kalah penting yaitu atur posisi spion dengan baik, hal itu bertujuan supaya pengemudi tetap bisa melihat kondisi belakang. Selain itu sabuk pengaman juga harus terpasang secara benar dan jangan terlalu kencang agar pengemudi tidak terlalu tertekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here