Home Motor Tips Mengatasi Motor Yang Mogok Saat Menerjang Banjir

Tips Mengatasi Motor Yang Mogok Saat Menerjang Banjir

1335
0

OTONITY.com – Cara Memperbaiki Motor Yang Mogok Kena Air. Beberapa wilayah di Indonesia telah dilanda hujan dengan intensitas tinggi yang terkadang justru membuat jalanan banjir sehingga mengganggu transportasi. Hanya saja tidak sedikit pula pengendara khususnya sepeda motor nekad untuk menerobos banjir yang sebenarnya cukup berbahaya bagi mesin motor mereka dan akhirnya banyak juga mengalami mogok.

Hal tersebut disebabkan karena ketinggian air yang terlalu tinggi memasuki saluran pengapian sehingga membuat busi menjadi basah, namun bagi pengendara motor diharapkan jangan merasa panik jika mengalami mogok saat melintasi banjir. Ada beberapa tips mudah supaya motor anda bisa nyala kembali.

Cara Mengatasi Motor Mogok Ketika Kena Air

Langkah pertama setelah motor anda mogok silahkan dorong ke tempat yang tidak tergenang air agar anda bisa leluasa saat memperbaikinya. Tips berikutnya cek kondisi busi dan apabila terlihat basah segera keringkan menggunakan kain, setelah itu lakukan kick starter beberapa kali supaya mesin bisa mendorong air untuk keluar.

Langkah selanjutnya buang air yang terdapat di dalam knalpot, caranya jika anda bersama teman silahkan angkat motor anda ke belakang dan pastikan air yang terdapat di dalam knalpot sudah keluar semua, setelah itu lakukan kick starter kembali beberapa kali dengan kondisi kunci off supaya tidak terjadi korseleting.

Tips terakhir yaitu lepas filter udara dan segera keringkan menggunakan kain bersih, jika anda tidak membersihkan komponen ini bisa jadi motor anda menjadi brebet ketika dipaksa untuk dijalankan. Apabila sudah bisa menyala dengan normal alangkah baiknya bawa motor anda ke bengkel supaya mendapatkan servis perawatan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here