Home Mobil Penyebab Setir Mobil Menjadi Berat Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Setir Mobil Menjadi Berat Dan Cara Mengatasinya

3119
0

OTONITY.com – Cara Mengatasi Setir Mobil Yang Berat Ketika Belok. Mungkin sebagian dari anda pemilik mobil pernah merasakan ketika setir kendaraan anda menjadi terasa berat meskipun mobil yang anda gunakan keluaran terbaru dan sudah dilengkapi dengan teknologi power steering. Meskipun hal tersebut jarang terjadi sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Meskipun demikian jika tidak segera dilakukan pengecekan maka akan mengurangi kenyamanan berkendara yang bisa saja menjadi sangat berbahaya apabila tetap dipaksakan.

Ada beberapa penyebab kenapa setir mobil anda terasa berat yaitu yang pertama karena ukuran ban dengan lingkar roda tidak sesuai, jika anda merasa pernah menggantinya dengan ban berukuran lebih besar itulah salah satu penyebab utamanya. Lebih baik memakai ban yang sesuai ukuran velg sehingga membuat pergesekan antara roda dengan aspal menjadi lebih ringan.

Penyebab kedua adalah ban sudah dalam keadaan botak sehingga daya cengkram roda terhadap aspal menjadi tidak bagus, ban dengan kondisi seperti ini juga sangat rawan pecah jika terus dibiarkan dan satu-satunya cara yaitu dengan mengganti yang baru. Penyebab berikutnya kemungkinan besar disebabkan oleh tekanan udara pada ban yang kurang kencang sehingga membuat setir menjadi bertambah berat saat berbelok. Alangkah baiknya selalu periksa tekanan ban sebelum mobil anda gunakan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Dan penyebab yang terakhir adalah sistem power steering mengalami kerusakan seperti usia pompa yang telah melewati batasnya atau bisa juga karena terdapat kebocoran pada sistem minyaknya. Ciri-ciri tersebut memang sulit terdeteksi oleh orang awam sehingga harus dilakukan perawatan secara rutin, untuk itulah setiap anda melakukan servis alangkah baiknya minta untuk cek juga bagian power steering tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here