Home Motor Penyebab Kabel Kopling Dan Kabel Gas Pada Motor Sering Putus

Penyebab Kabel Kopling Dan Kabel Gas Pada Motor Sering Putus

2636
0

OTONITY.com – Cara Merawat kabel Gas Motor Agar Tidak Putus. Bagi anda pengguna jalan terutama pengendara motor sport pasti pernah mengalami kejadian kabel gas atau kabel kopling yang putus. Selain karena telah cukup berusia tua faktor lain yang menyebabkan kabel tersebut cepat putus adalah kondisi selang sudah rusak dan terkelupas karena jarang sekali dilakukan perawatan.

Padahal komponen yang satu ini sangatlah penting sehingga cukup berbahaya sekali jika sampai terputus di tengah jalan. Untuk itulah para pabrikan motor menyarankan selalu melakukan perawatan pada kabel gas maupun kopling ini. Cara merawatnya pun juga sangat mudah dan bisa anda lakukan sebelum digunakan.

Tips Merawat Kabel Gas Motor

Yang pertama adalah pastikan selang pembungkus kabel tersebut dalam keadaan lurus dan jika terdapat yang bengkok segera posisikan dengan benar. Cek pula bagian karet pelindung jika ada yang terkelupas maka dapat dipastikan rawan sekali jika terkena air hujan sehingga menyebabkan karatan.

Untuk membersihkan karatan tersebut anda cukup memberikan pelumas kedalamnya setiap tiga bulan sekali. Penyebab utama kabel gas sering putus adalah plat di dalam karet tersebut rusak sehingg membuat pergesekan dengan kabel yang kemudian memutusnya. Untuk kejadian seperti ini lebih baik segera diganti dengan yang baru secara keseluruhan karena jika yang diganti hanya kabelnya saja maka tetap saja akan kembali terputus apabila bergesekan dengan plat yang rusak tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here