Home Motor Penyebab Knalpot Motor Berlubang Atau Bocor

Penyebab Knalpot Motor Berlubang Atau Bocor

1645
0

OTONITY.com – Cara Mencegah Knalpot Motor Bocor. Pasti semua orang sudah tahu kalau fungsi utama dari knalpot adalah sebagai sistem pembuangan udara serta meredam hasil ledakan dari ruang bahan bakar. Namun karena berbagai sebab knalpot pun bisa cepat rusak misalnya saja terdapat lubang sehingga membuat suaranya terlihat aneh dan bahkan terasa tidak nyaman saat digunakan.

Ada banyak sekali penyebab bocor atau berlubangnya knalpot motor dan salah satunya adalah karena terdapat karatan yang diakibatkan karena di dalam knalpot tersebut terdapat air kotor dan tidak pernah dihilangkan sehingga menimbulkan korosi. Jika terus dibiarkan korosi tersebut akan terus mengikis bodi knalpot sehingga akan menimbulkan lubang yang biasanya sering terjadi pada bagian leher karena di tempat itulah berkumpulnya air kotor.

Selain diakibatkan karatan karena air kotor penyebab berlubangnya knalpot motor ini adalah terjadinya proses kondensi atau dimana kondisi luar dengan dalam knalpot mempunyai suhu berbeda sehingga mengakibatkan karatan. Biasanya ini terjadi ketika motor sering digunakan pada tempat yang sering tergenang air hujan atau di sekitar pantai dengan kandungan garam cukup tinggi.

Untuk mencegah keropos pada bagian knalpot motor ini usahakan jangan melewati genangan banjir yang terlalu tinggi karena bisa masuk kedalamnya. Namun jika sudah terlanjur segera buang air yang terdapat di dalam knalpot dengan cara mengangkat motor bagian depan atau ditempatkan di medan dengan bagian depan lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here