Home Motor Manfaat Menyalakan Lampu Sepeda Motor Pada Siang Hari

Manfaat Menyalakan Lampu Sepeda Motor Pada Siang Hari

1316
0

OTONITY.com – Keuntungan Menyalakan Lampu Motor Di Siang Hari. Sejak beberapa tahun yang lalu kepolisian Republik Indonesia telah memberlakukan peraturan bahwa sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Meskipun banyak yang memberikan kritikan namun pihak kepolisian mengklaim dengan peraturan barunya tersebut mampu menekan kecelakaan yang setiap tahun selalu didominasi oleh pengendara motor.

Padahal sebenarnya banyak sekali manfaat menyalakan lampu sepeda motor di siang hari misalnya saja kita bisa melihat pengendara lain yang datang dari jauh atau ketika sedang berbelok di tikungan mampu melihatnya terlebih dulu sehingga bisa menghindari kecelakaan. Terlebih jika terjadi hujan atau kabut maka sangat diharuskan untuk menyalakan lampu utama karena jarak pandang antar pengendara menjadi semakin berkurang.

Keuntungan Menyalakan Lampu Motor Di Siang Hari

Manfaat lain yang paling jelas adalah membantu pengendara dalam melihat situasi belakang melalui spion. Dengan demikian pengendara khususnya mobil bisa dengan lebih jelas jika di belakangnya ada motor yang sedang mendekat. Saat ini pun sudah banyak pengendara motor yang telah sadar untuk menyalakan lampu di siang hari. Ditambah lagi kini para produsen motor di tanah air juga telah mengeluarkan berbagai motor terbaru yang dilengkapi lampu DRL (Daytime Running Light).

Pemerintah juga sudah membuat undang-undang tentang lalu lintas No.22 tahun 2009 pasal 293 ayat 2 yang berbunyi bahwa setiap pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama pada sang hari maka akan di denda maksimal Rp 100.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here