Home Aksesoris Kelebihan Dan Kekurangan Ban Tubeles Pada Motor

Kelebihan Dan Kekurangan Ban Tubeles Pada Motor

4631
0

OTONITY.com – Kelemahan Memakai Ban Tubeless Di Motor. Kehadiran ban tubeless di Indonesia memang sudah cukup lama dan kini masyarakat pun juga sudah banyak yang memakai ban jenis ini pada motornya. Namun sayangnya masih ada juga yang beranggapan bahwa ban tubeless tidak akan bisa bocor jika terkena ranjau seperti paku maupun benda tajam lainnya.

Padahal sebenarnya ban tubeless dirancang untuk tidak kempes langsung jika terkena paku sehingga tetap saja harus di bawa ke tukang tambal ban khusus agar diperbaiki. Selain itu masyarakat juga beranggapan kalau secara kualitas lebih baik dibandingkan dengan ban standar.

Namun sebenarnya hal tersebut tergantung oleh pemakai itu sendiri serta kondisi jalan yang selalu dilaluinya, sedikit pengetahuan bahwa permukaan ban tubeless lebih keras dibandingkan dengan ban biasa karena struktur karet memang lebih tebal dan itulah yang menyebabkan ban tidak langsung bocor jika terkena paku.

Keunggulan Ban Tubeless

Namun jika digunakan dalam waktu panjang ban tubeless bisa merusak velg apabila dipakai di medan yang terjal. Sebenarnya ban jenis ini lebih cocok untuk pengguna motor di daerah perkotaan yang mempunyai aspal lebih mulus serta lebih nyaman untuk digunakan pada kecepatan tinggi.

Kelebihan lain dengan memakai ban tubeless adalah lebih enak ketika bermanuver di tikungan karena ban ini lebih pakem serta stabil, jadi tidak mengherankan kalau ban tubeless biasa di pakai di balap motor dengan velg racing. Sedangkan kekurangannya yaitu jika dipasang di motor matik atau motor bebek maka akan menambah beban sehingga tarikannya pun lebih berat. itulah sebabnya anda sering menjumpai motor sport memakai ban seperti ini karena secara spesifikasi mesin juga lebih besar sehingga tidak terlalu berpengaruh pada performa.

Untuk masalah harganya sendiri memang ban tubeless lebih mahal sekitar 50 persen, sedangkan ban standar memiliki harga relatif lebih murah, ringan, awet namun rawan bocor apabila terkena benda tajam maupun jalan yang rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here