Home Mobil Tips Mengerem Mobil Yang Benar Saat Hujan

Tips Mengerem Mobil Yang Benar Saat Hujan

1122
0

OTONITY.com – Cara Melakukan Pengereman Pada Mobil Ketika Hujan. Saat musim hujan seperti ini sangat rawan sekali terjadi kecelakaan bagi pengguna jalan, tidak mengherankan kalau setiap hujan turun pasti ada saja kecelakaan baik yang melibatkan pengendara motor maupun mobil. Meskipun faktor alam adalah penyebab utamanya namun kesalahan manusia juga turut andil dalam terjadinya kecelakaan seperti kondisi kendaraan yang tidak pernah dirawat maupun tidak berhati-hati ketika kondisi jalan sedang basah.

Padahal jika pengendara berhati-hati dan mengerti teknik berkendara yang benar ketika hujan turun bukan tidak mungkin angka kecelakaan bisa lebih diminimalisir. Menurut salah satu lembaga otomotif asal Amerika Serikat menjelaskan bahwa ada beberapa tips sederhana cara melakukan pengereman yang benar ketika musim hujan.

Tip Mengerem Mobil Yang Benar Ketika Hujan

Yang pertama adalah pengemudi mobil harus menurunkan kecepatan karena ketika aspal basah daya cengkram roda menjadi semakin berkurang. Namun dengan mengurangi kecepatan bisa mengurangi resiko aquaplaning pada mobil.

Tips kedua yaitu perhatikan kondisi sekitar seperti genangan air yang terdapat di depan anda. Biasanya dibalik genangan tersebut terdapat lubang yang bisa saja membahayakan anda, untuk itulah jangan sekali-sekali membanting setir atau melakukan pengereman mendadak sebab bisa membuat panik pengendara lain yang ada di belakang anda. Yang berikutnya untuk lakukan pengereman dengan secara perlahan dan pertahankan posisi setir tetap lurus ke depan.

Perlu anda catat bahwa tips pengereman tersebut bisa sangat berguna sekali apabila mobil anda dalam keadaan baik, untuk itulah selalu periksa terlebih dulu berbagai komponen keamanan sebelum digunakan dan agar mobil selalu tampil prima selalu servis secara rutin ke bengkel resmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here