Home Motor Tips Aman Bagi Pengendara Motor Saat Musim Hujan

Tips Aman Bagi Pengendara Motor Saat Musim Hujan

1381
0

OTONITY.com – Cara Berkendara Motor Yang Benar di Musim Hujan. Bagi para pengendara sepeda motor musim hujan merupakan sebuah tantangan yang paling berat untuk dihadapi. Tidak hanya terkena air hujan maupun cipratan dari mobil lain namun bahaya yang dihadapi juga beresiko lebih besar dibandingkan pengendara roda empat.

Menurut Sony Susmana selaku Instruktur Senior dan Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan bahwa kebiasaan pengendara motor di saat cuaca panas tidak bisa diterapkan ketika musim hujan tiba. Sony menambahkan ketika berada di jalanan basah ada beberapa poin atau tips yang harus dilakukan supaya tidak terjadi kecelakaan.

Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Yang pertama menjaga jarak pengereman dengan kendaraan lain, biasanya para pengendara motor ketika jalanan kering sering sekali berkendara terlalu dekat dengan motor atau mobil di depannya, namun hal ini tidak bisa dilakukan apabila dilakukan di jalanan basah sebab ban tidak mampu mengerem dengan sempurna.

Tips berikutnya cek terlebih dulu kondisi motor sebelum digunakan seperti komponen ban maupun sistem pengereman. Yang tidak kalah penting periksa pula tekanan ban apakah sudah sesuai apa belum. Jika terlalu keras maka bakal membuat ban bertambah licin namun kalau terlalu kempes membuat tarikan motor menjadi berat.

Tips yang terakhir cara berkendara atau bermanuver harus sesuai aturan, ketika berada di tikungan jangan berbelok terlalu miring karena dikhawatirkan akan terjadi selip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here