Home Motor Cara Mengatasi Knalpot Motor Yang Mengeluarkan Asap Pekat

Cara Mengatasi Knalpot Motor Yang Mengeluarkan Asap Pekat

5798
0

OTONITY.com – Penyebab Asap Motor Berwarna Gelap. Mungkin bagi anda pemilik motor matik yang masih awam merasa khawatir ketika knalpot motor anda tiba-tiba mengeluarkan asap berwarna hitam pekat. Tidak perlu cemas terlebih dulu pasalnya masalah tersebut sebenarnya terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna dan cara mengatasinya yaitu dengan cara setting ulang bagian pembakaran tersebut.

Namun apabila asap yang keluar berwarna putih bisa jadi masalahnya adalah oli ikut terbakar yang biasanya disebabkan oleh bagian piston sudah aus, klep mengalami kebocoran atau bisa juga karena piston beret. Jika terjadi kejadian seperti ini alangkah baiknya segera ganti ring piston tersebut dengan yang baru karena jika terus dibiarkan oli akan terus merembas keluar sehingga bisa berakibat fatal kalau sampai kehabisan oli.

Memperbaiki Klep Motor

Penyebab lainnya yaitu piston mengalami beret biasanya terjadi karena pemilik telat saat mengganti oli sehingga kotoran menjadi tercampur dan akibatnya tergesek dengan dinding piston sehingga menimbulkan celah yang kemudian oli menjadi merembas keluar. Solusinya tentu saja ganti piston tersebut dengan yang baru dan jangan lupa selalu ganti oli motor sesuai waktunya.

Selain itu bisa saja merembasnya oli yang kemudian masuk ke dalam pembakaran disebabkan oleh kondisi sil klep menjadi keras sehingga membuat oli mesin yang terdapat di kepala silinder otomatis turun ke ruang bakar. Untuk mengatasinya anda hanya perlu mengganti sil klep tersebut dengan yang baru.

Dan penyebab terakhir adalah klep mengalami kebocoran karena terdapat kerak maupun kotoran sisa pembakaran sehingga menyumbat bibir klep. Supaya kembali lancar solusinya harus dilakukan sekir ulang pada celah klep tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here